Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Kabar KreatifTips Kreatif

Ciptakan Ramadhan Kreatif Bersama si Kecil

Ditulis Oleh : Risky Danamonika Pratiwi

Ramadhan  merupakan bulan yang penuh berkah. Bulan ini momen yang tepat untuk berkumpul dan melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif bersama keluarga. Anak yang perlu dibimbing dalam hal apapun terutama mengajari untuk berpuasa. Peran keluaga terutama orang tua sangat penting dalam bulan ramadhan ini. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam menjalani ibadah puasa ini agar anak tidak merasa bosan.

Solusi yang tepat adalah permainan atau  game edukatif bisa menjadi cara agar anak  menambah pengetahuan sehingga membuat anak semangat dalam berpuasa. Sebagaimana tips diberikan pendiri SOS Muslim Project, Hafsa-Waseela, dilansir dari Productive Muslim, Rabu (23/5).  Ada beberapa cara menghilangkan rasa bosan anak dalam menjalankan puasa yaitu

Kuis edukasi

Di bulan Ramadhan ini cobalah untuk membuat kuis edukasi yang bisa menambah pengetahuan agamanya seperti kuis cerita Nabi dan Rasul,  belajar fikih atau yang lainnya berkaitan dengan bulan Ramadhan.

Ajak Anak Memasak­

Cobalah untuk mengajak anak-anak Anda memasak dan menyiapkan menu berbuka puasa di dapur Melibatkan anak perempuan maaupun laki-laki akan membantu meringakna pekerjaan ibu di rumah. Dimulai dari haal-hal kecil seperti meletakkan piring di atas meja makan, menyiapkan air minum, melipat roti dengan selai dan lain-lain. Kegiatan itu semua bisa membuat mereka belajar mandiri.

Baca buku dan menonton

Dorong anak-anak Anda membaca buku pengetahuan islam untuk menambah pengetahuan agamanya. Anda juga bisa mengajak menonoton kartun-kartun islam di youtube ataupun televise dengan pengawasan Anda. Banyak sekali referensi Di youtube tentang kartun-kartun islam.

Jurnal Ramadhan

Buatlah jurnal Ramadhan tentang kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan anak-anak Anda setiap harinya. Jurnal Ramadhan ini guna menyimpan kenangan , juga bisa merefleksikan produktivitas anak Anda serta meningkatkan antusiasme anak.

Jadwal Piket

Buatlah jadwal piket untuk setiap anggota keluarga  termasuk suami Anda. Tugas untk suami Mulai dari mencuci piring , mengeringkan dan menyetrika baju , serta menyapu rumah.  Si kakak bisa merapikan mainan, meliapat baju, dan pekerjaan kreatif lainnya.

Berbuka Bersama

Ajarkan anak Anda bersosialisasi selama Ramadhan, bisa dalam berbuka bersama dengan tetangga, anak yatim atau sesame muslim di masjid terdekat. Sosialisai bisa saling member makanan kepada orang lain bagi yang sedang berpuasa. Tidak lupa ajarkan anak belas kasih sesame Muslim dan non- Muslim.

Ajak Tarawih

Mengajak anak Anda untuk melaksanakan sholat tarawih di masjid. Keterlibatan anak- anak Anda dapat memberi edukasi ibadah sunnah.

Siapkan hadiah idul fitri

Hadiah idul fitri bisa berupa kue-kue lebaran, perhiasan, baju baru, kartu kecil, dan sebagainya. Hadiah ini akan menanamkan rasa kasih saying dan kenangan manis di hati anak-anak Anda.

Ajarkan sedekah dan zakat

Anak perlu dilatih sejak usia dini untuk berbagi, bisa dalam bentuk sedekah dan zakat. Nah dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah bisa diterpakan berbagi kepada sesama.

Image Source : MetDoctor.com

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.