Desain ProdukFesyenIndustri KreatifPelaku Kreatif

 Part 2 : Menang Lomba Design, Jadi Peluang Besar Bagi Awesome Footware

Indiekraf.com– Seperti pepatah kejarlah ilmu hingga ke negeri China sepertinya bukan hanya pepatah belaka. Sang pemilik brand Awesome footware, Abraham tiba tiba mendapat bantuan dari sosok manager design terdahulunya untuk pergi ke luar negeri  dan mengurusi  pelanggan luar negeri khususnya Asia selatan.

Dari tawaran itulah, Abraham bisa keliling ke berbagai negara di kawasan Asia Selatan seperti India Srilanka, Bangladesh,Nepal dan negara lainnya, hingga akhirnya bisa ke negeri Tirai Bambu atau China.

“suatu saat ada tawaran dari mantan manager design saya dulu untuk mengurusi pelanggan khusus luar negerikhususnya Asia selatan melingkupi Bangladesh, India, hingga Nepal. Bahkan dari situ saya bisa cari pengalaman hingga dikirim ke negeri tirai bambu China,” kata Abraham.

Setelah mengumpulkan ilmu dari berbagai negara diluar Indonesia, di tahun 2011 pria yang biasa dipanggil sangkil ini memberanikan diri untuk mengikuti lomba design alas kaki tingkat nasional yang berlangsung di Surabaya.

Baca juga:

Urban Sneaker Society 2020; Event Pertama yang Hadirkan Virtual Multiplayer di Asia Tenggara

Part 1: Mengenal Awesome Footwear, Brand Sepatu Skate Asli Malang

Proses panjang harus diikuti oleh Abraham saatmemutuskanmengikuti lomba tingkat nasional itu, kurang lebih satu tahun ia mengikuti proses perlombaan itu, karena ada beragam proses yang harus dilewati mulai pengajuan konsep hingga dijadikan prototype.

“2011 saya memberanikan diri untuk ikut perlombaan design alas kaki tingkat nasional di Surabaya. Lomba itu prosesnya 1 tahun,karena ada proses mulai konsep, lalugambar, kemudian presentasi  hingga disuruh untuk membuat prototypenya,” kata Abraham.

Setelah setahun mengikuti perlombaan tersebut, hasilnya tidak sia sia, Abraham akhirnya memperoleh juara dari 4 design yang diajukannya.

Baca juga:

Transaksi Harian di E-Commerce Melonjak 26% selama Pandemi

Nucalale: UMKM yang Selipkan Budaya Khas NTT Dalam Karyanya

“Setelah menunggu cukup lama,hasilnya sangat menyenangkan, saya dapat juara 1 dan 2 untuk berbagai kategori,” tambah Abraham.

Dari hasil perlombaan tersebut dampak positif dirasakan oleh Abraham, ia akhirnya mampu mencetak outsole dengan logo miliknya sendiri yakni Awesome, yang kini dikerjakan di sebuah pabrik di lamongan.

“Setelah ikut lomba dan menang itu, saya akhirya bisa memiliki outsole dengan logo brand saya sendiri, karena outsole itu merupakan komponen yang mahal dari sebuah sepatu,” kata Abraham.

Lebih lanjut Abraham mengatakan, terkait nama brand  Awesome sendiri  sempat mengalami beberapa kali perubahan. Hingga akhirnya nama Awesome dinilai dan dipercaya membawa ke arah sesuatu yang luar biasa dan dikenal oleh setiap lapisan masyarakat.

Baca juga:

Pipip Pipip! TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Didownload Tahun 2020

Apa Kabar Merger Grab dan Gojek, Jadi Gak Ya?

“Nama Awesome keluar dari beberapa perubahan, apalagi artinya yang sangat bagus yakni keren bisa juga hebat, yang ternyata bisa saya rasakan arti kata itu hingga saat ini,” kata Abraham.

Setelah mampu mencetak outsole dengan nama logo sendiri, tantangan berikutnya menurut Abraham adalah mengikuti perubahan jaman, dan harus berinovasi . Selain itu, tidak boleh lupa untuk berkolaborasi dengan para pekerja kreatif lainnya.

“Yang menarik yakni tantangan perkembangan jaman, apa yang kita bangun dari satu waktu ke waktu lain gak boleh sama harus inovasi. Kita juga berkolaborasi dengan designer yang lain,” tambah Abraham.

Masih kata Abraham,jika dulunya menciptakan sepatu untuk para skater, nyatanya di era saat ini kurang lebih 95 persen pra pembeli bukanlah dari kalangan skater.

“Ada satu fakta, dari awal kita buka hingga sekarang yang beli bukanlah dari para skater, melainkan anak sekolah,anak kuliahan hingga orang Prancis pernah kesini langsung untuk melihat karya saya,” tutup Abraham.

Ia berharap dari karya yang sudah ia buat ini,mampu menginspirasi anak muda Indonesia yang lain untuk membuat sepatu-sepatu skate lainnya.

 

 

 

Related Articles