Tips Kreatif

5 Keuntungan Punya Toko Online buat UMKM Lokal!

Indiekraf.com – Menjadi pejuang bisnis adalah hal yang tak mudah. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa, dong? Kalau kamu adalah pelaku usaha atau salah satu bagian dari UMKM lokal, artikel ini tepat banget untuk kamu baca! Kali ini kita akan membahas tentang 5 keuntungan punya toko online buat UMKM lokal. Apa saja, tuh? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!




5 Keuntungan Punya Toko Online buat UMKM Lokal!

Sebagai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), ada berbagai hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga usaha kamu. Bukan hanya mengutamakan kualitas produk yang dihasilkan, ternyata ada tips dan trik lain yang perlu kamu perhatikan nih. Salah satunya adalah membuat toko online untuk UMKM kamu. Tapi, apa saja sih benefit yang bisa didapatkan setelahnya? Ini dia 5 keuntungan punya toko online untuk UMKM!



  • Biaya yang Efektif

Melakukan pemasaran produk untuk usaha kamu pastinya bukanlah hal yang mudah. Meski begitu, hal ini bisa kamu siasati dengan memanfaatkan toko online. Bagi pelaku UMKM, menggunakan toko online pastinya bisa menjadikan biaya pemasaran menjadi lebih efektif. Hal itu karena untuk membangun toko online tak memerlukan biaya sebesar membangun tempat berjualan secara langsung. Dengan biaya yang lebih sedikit, kamu bisa memanfaatkan toko online untuk memasarkan usaha kamu bahkan hingga ke seluruh negeri hingga ke luar negeri. 

  • Transaksi yang Praktis

Jika dibandingkan dengan teknik pemasaran secara langsung, pastinya akan ada perbedaan dalam hal transaksi dari sebuah usaha secara online. Lewat toko online, kini para calon pembeli bisa melakukan transaksi yang lebih praktis. Hal itu bahkan bisa dilakukan hanya dengan ketikan jari saja. Dalam toko online, umumnya juga tersedia fitur ‘chat’ sebagai tempat berinteraksi antara pembeli dan penjual. Prakits banget, kan?

  • Kemudahan Mengarahkan Calon Pembeli

Bagi pelaku UMKM yang memiliki toko online, keuntungan ini pastinya menjadi hal yang sudah bukan rahasia lagi. Dengan link atau tautan yang diarahkan ke toko online milikmu, kamu bisa menyebarkan link tersebut ke banyak calon pembeli. Para pelanggan pun akan dengan mudah melakukan klik ke tautan tersebut untuk melakukan transaksi.

5 Keuntungan Punya Toko Online buat UMKM Lokal!
Sumber Ilustrasi : tirachardz on Freepik



  • Mudah Melakukan Repeat Order

Siapa sih yang tak ingin usahanya bisa menarik pembeli sebanyak mungkin? Sebagai pengusaha, penting banget nih untuk menarik kembali pelanggan yang sudah pernah membeli dagangan kita. Hal tersebut bisa juga disebut dengan ‘Repeat Order’. Dengan menggunakan toko online, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya untuk menawarkan kembali produk unggulan dari UMKM kamu. Dengan begitu, pelanggan bisa melihat kembali atau bahkan mencoba membeli barang lain dari toko kamu!



  • Memasarkan Produk Sampai Ke Luar Negeri

Jika dibandingkan dengan melakukan pemasaran secara offline, hal ini menjadi perbedaan yang cukup besar. Para calon pelanggan dari luar negeri memiliki kemungkinan yang kecil untuk ‘mampir’ ke toko kita. Tapi, hal itu tak lagi menjadi halangan dengan adanya toko online. Toko online milik UMKM kamu pun bisa dilirik oleh orang-orang di negara lain. Untuk pengirimannya pun tidak begitu rumit dan hanya perlu menyesuaikan dengan pihak pengiriman yang menyediakan jasa pengiriman luar negeri. Tak hanya menarik pelanggan lokal, kini UMKM kamu bisa juga ‘didatangi’ oleh pelanggan luar negeri!



Nah, itu dia 5 keuntungan punya toko online buat UMKM kamu! Sekarang tidak ada lagi alasan untuk ragu membuat toko online milik usahamu sendiri, ya! Selamat mencoba~

Baca Juga 3 Kunci Laris Jualan Online di Marketplace Tokopedia dan Shopee

Related Articles