Digital KreatifIndustri Kreatif

Arjasari Net: Jaringan Internet Garut yang Dibuat Sendiri

Indiekraf.com – Akses internet saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat. Tak hanya untuk mengakses media sosial saja, internet begitu penting untuk kebutuhan seperti sekolah hingga bekerja. Dengan adanya permasalahan ini, warga asal Garut, Jawa Barat menciptakan akses internet sendiri! Jaringan internet Garut yang bernama Arjasari Net ini pun menjadi viral.



Arjasari Net: Jaringan Internet Garut yang Dibuat Sendiri

Untuk memenuhi kebutuhan akses internet, salah satu pemuda yang tinggal di Malangbong, Kabupaten Garut membuat inovasi baru. Pemuda yang diketahui bernama Randi Alwi ini berhasil menyediakan jaringan internet Garut dengan nama Arjasari Net. Setidaknya, ia sudah memberikan akses internet yang lebih baik bagi 114 warga Arjasari hingga saat ini.

Dikutip dari detik.com, wilayah Arjasari, Kabupaten Bandung ini termasuk ke dalam wilayah blank spot internet. Randi sendiri menceritakan bahwa kemampuannya untuk membuat jaringan internet sendiri ini didapatkan secara otodidak. Pemuda berusia 23 tahun ini ternyata menempuh pendidikan resmi di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Pendidikan Indonesia.

Randi menjelaskan bahwa dirinya tidak memiliki latar belakang yang berkaitan dengan hal yang ia kembangkan sekarang. Diketahui bahwa Randi awalnya merasa penasaran dengan cara kerja provider hingga mengikuti sertifikasi mikrotik. Dirinya juga baru mendapatkan beberapa pelajaran mengenai internet pada saat berkuliah di jurusannya.

Awal Mula Menciptakan Jaringan & Menjadi Ladang Berbisnis


Dikutip dari Detik Jabar, Randi menjelaskan bahwa dirinya mencari pengetahuan untuk membuat jaringan internet Garut sendiri dari Google dan referensi lainnya di internet. “Ayah guru ngaji dan ibu hanya ibu rumah tangga biasa, pas di tempat kuliahan soal jaringan ada dibahas, tapi tidak sebanyak seperti yang dipelajari sekarang. Kalau yang saya dapat sekarang dari internet, bisa mencapai 70 persen,” tutur Randi.

Pembuatan jaringan internet sendiri pun dimulai tahun 2019 dan bermula di rumahnya sendiri. Sebelumnya, Randi sempat membuat jaringan internet bernama Randi Net yang sudah digunakan oleh 400 pengguna. Dalam perealisasiannya, dirinya juga aktif mencari kerjasama dengan perusahaan untuk membangun jaringan internet sendiri. Bukan hanya itu, Randi pun akhirnya bisa merekrut tenaga kerja yang dipekerjakan menjadi teknisi. Beberapa teman lainnya yang direkrut untuk mengurus Arjasari Net antara lain adalah lulusan SMA dan SMK yaitu Zaki, Farid, dan Sahar. 

Semoga semakin banyak anak bangsa yang punya prestasi membanggakan seperti Randi dan kawan-kawan, ya!

Baca Juga Berapa Pengguna Internet Baru di Indonesia Saat Ini?

Related Articles