Industri KreatifKabar KreatifKreatif TourismPelaku KreatifSeni PertunjukanWisata Kreatif

Bali Zoo Sempat Lesu, Kini Kembali ‘Aktif’ Bun!

Indiekraf.com – Di saat adaptasi ke kebiasaan baru, kini tempat pariwisata di Pulau Dewata satu persatu berangsur pulih. Setelah lama harus mengalami keterpurukan akibat pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai, Bali Zoo sebagai salah satu lokasi wisata yang sempat sepi kini perlahan mulai kembali ramai. Sebelumnya, angka pengunjung di sini memang sempat turun drastis.

Pada beberapa bulan belakangan, Bali Zoo mulai mencoba bangkit dan tetap beroperasi demi kelancaran operasionalnya. Mereka juga tetap menawarkan berbagai pengalaman menarik bagi para pengunjung kebun binatang ini. Meskipun tak sebanyak dulu, nyatanya kini tak sedikit pengunjung yang mulai berani untuk berwisata ke Bali Zoo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebelumnya, sekitar 700 hingga 1500 orang per hari nya bisa masuk ke kebun binatang ini pada hari biasa atau weekdays. Sebagian besar pengunjung pun masih didominasi oleh para wisatawan luar negeri. 

Namun semenjak adanya peraturan pembatasan wilayah untuk para turis asing, Bali Zoo mulai perlahan sepi. Tak butuh waktu lama, ternyata pengunjung lokal mulai meramaikan lokasi wisata ini karena kebutuhan hiburan di masa pandemi. Memang tak jarang masyarakat sempat memilih untuk berdiam di rumah untuk meminimalisir penularan virus berbahaya sebelum akhirnya diberlakukan era new normal

Baca Juga Bisakah Ekonomi Kreatif Jadi Solusi Pengangguran Terdidik di Kota Malang?

Dikutip dari Antara, Head of Public Relations Bali Zoo, Emma Chandra, menjelaskan adanya peningkatan pengunjung yang berangsur membaik meski sedang dilanda pandemi. “Perlahan meningkat, weekday rata-rata kunjungan 200 sampai 300 orang per hari, kalau weekend bisa tembus 500 sampai 600 orang,” ucapnya pada jUmat (4/12) lalu. Pada awal adaptasi kebiasaan baru, pengunjung Bali Zoo didominasi oleh para pengunjung lokal asal Bali. Akan tetapi semakin kesini banyak pula pengunjung dari daerah lain seperti Surabaya dan Jakarta yang berkunjung. 

Meski begitu, Emma menjelaskan bahwa kesehatan para satwa yang ada di kebun binatang ini tetap terjaga dengan baik meski dalam kondisi pandemi. Pihak pengelola pun berusaha untuk menyesuaikan dengan keadaan untuk kenyamanan para satwa. Beberapa langkah yang diambil seperti mengubah komposisi makanan yang diberikan dan tetap menakar kadar gizi yang baik untuk para satwa. Selain itu, pihak Bali Zoo juga menerapkan adanya promo harga tiket agar bisa menarik pengunjung. Protokol kesehatan pun tetap diberlakukan dengan ketat untuk para pengunjung maupun pengelola. Dalam area kebun binatang juga sudah disediakan seperti wastafel untuk pengunjung hingga adanya pemeriksaan suhu tubuh bagi pengunjung.

Related Articles