Aplikasi Digital dan GameDesain ProdukDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPeriklananTelevisi dan RadioTips Kreatif

Belanja Lewat Live Streaming Jadi Tren di Masa Pandemi

Indiekraf.com – Selama pandemi COVID-19, Indonesia dilaporkan memiliki peningkatan angka e-commerce live streaming. Bukan tanpa sebab, pandemi memaksa banyak orang untuk membatasi diri dalam hal berbelanja di luar rumah. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa masyarakat mulai meminati kegiatan belanja lewat live streaming.

Ilustrasi Belanja Lewat Live Streaming
Sumber : @casparrubin on Unsplash

Belanja Lewat Live Streaming Mendorong Konversi Pesanan

Dengan belanja lewat live streaming, pemilik usaha dan pelanggan bisa saling berinteraksi. Dikutip dari CNN Indonesia, UC Browser telah mencatat adanya pemain e-commerce terkenal di Tanah Air seperti Lazada dan Shopee yang mengandalkan platform live streaming  untuk menggaet pelanggan. Aktivitas promosi ini akhirnya mendorong konversi pesanan yang juga memberikan pengalaman live streaming yang seru. 

Cara Kreatif dalam Berjualan

Belanja lewat live streaming bisa menjadi penerapan yang efektif untuk menarik minat masyarakat hingga mitra bisnis untuk bisa bergabung. Huaiyuan Yang sebagai Vice President of UC Web Global Business pun memberikan pendapatnya. “Inovasi live streaming memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan temuan Shopee yang mencatat peningkatan penjualan rata-rata 3,5 kali,” ucapnya. Selain itu, platform online lainnya dengan basis pengguna yang besar seperti Instagram, Facebook hingga UC Browser juga sudah mulai mengaktifkan fitur live streaming.

Selain itu, minat pasar yang besar untuk berbelanja online di Indonesia mengarahkan pebisnis untuk membuat konten terbaik tentang usahanya. Lewat laporan tahunan UC Browser di tahun 2020, ditunjukkan bahwa ulasan produk serta konten rekomendasi berperan penting dalam keberlangsungan bisnis. Lewat hasil survei UC Browser mengenai tren pencarian dan perilaku user, konten rekomendasi dari produk kecantikan adalah konten paling populer di Tanah Air tahun 2020 lalu. Selain produk kecantikan, produk kesehatan pun menjadi salah satu pencarian paling populer.

Mendorong Potensi Ekonomi Digital Indonesia

Nyatanya, popularitas tren belanja lewat live streaming di e-commerce ini diharap bisa menjadi faktor kesuksesan e-commerce di Indonesia. Dengan ini pula rekomendasi konten bis menjadi kontribusi yang besar terhadap suksesnya sektor industri Tanah Air yang memang sudah memiliki potensi ekonomi digital terbesar di wilayah Asia Tenggara.

Baca Juga 3 Fakta Unik Tentang Fitur Baru TikTok, Question and Answer!

Related Articles