Industri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Geopark Belitung Berhasil Masuk UNESCO Global Geopark!

Indiekraf.com – Berita baik datang dari salah satu destinasi wisata di Kepulauan Bangka Belitung. Kini, United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) resmi menetapkan wsiata Pulau Belitung yaitu Geopark Belitung menjadi Global Geopark. Melalui kerja keras masyarakat hingga Pemerintah, akhirnya Geopark Belitung kini bisa menyabet gelar kenamaan ini.

Geopark Belitung Berhasil Masuk UNESCO Global Geopark!
Sumber : babelprov.go.id

Geopark Belitung Berhasil Masuk UNESCO Global Geopark!

Pulau Belitung yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kini berhasil menyandang predikat Global Geopark dari UNESCO. Hal ini berhasil diraih setelah melalui berbagai tahapan hingga mendapatkan nilai yang tinggi dalam ujian akhir dari UNESCO Global Park. Tentunya predikat ini menjadi sejarah baru di dunia pariwisata Indonesia hingga dunia.

Hal ini dikonfirmasi oleh Erzaldi Rosman Djohan selaku Gubernur Kepulauan Babel pada 19 April 2021 lalu. Dikutip dari Antara, ia memaparkan “Alhamdulillah, UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-211 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris menetapkan Belitung sebagai Global Geopark”. 

Keberagaman Geologis Geopark Belitung Jadi Nilai yang Kuat

Erzaldi juga mengatakan bahwa UNESCO menetapkan Geopark Belitung menjadi UNESCO Global Park bukan tanpa sebab. Keberagaman geologis dalam Pulau Belitung dan kepulauan di sekitarnya menjadi nilai kuat dalam penilaian ini. Keberagaman ini antara lain dalam hal mineral, proses geologis dan tektonik, bebatuan, lanskap hingga evolusi bumi di pulau tersebut. 

Tak hanya dari segi geologis, geopark ini juga dinilai mempunyai nilai yang unik dan khas terkait dengan aspek biologis dan budaya. Lanskap geologi dari Pulau Belitung memanglah unik dan bisa menjadi rumah untuk flora dan fauna di sana. Di pulau tersebut bahkan ditemukan ikan seperti Ikan Hampala dan Ikan Toman, lho.

Geopark Belitung Berhasil Meraih Nilai Tertinggi Saat Penilaian

Sebelumnya, pada tahap penilaian geopark ini berhasil meraih skor sebesar 850. Skor tersebut merupakan nilai yang paling tinggi yang pernah diraih Indonesia. Dalam ujian akhir sidang konsel dari UNESCO Global Park, skor tersebut menjadi buah dari hasil kerja keras dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung. 

“Keanekaragaman hayati tersebut digunakan oleh masyarakat Belitung di antaranya dengan pemanfaatan tanaman herbal. Itulah alasan kenapa Geopark Belitong meraih nilai tertinggi di antara sejarah pengajuan geopark nasional ke UNESCO Global Geopark, yaitu 850 dari 1000 poin tertinggi,” Erzaldi.

Baca Juga Geopark Belitung Raih Skor Tinggi dan Segera Diakui UNESCO

Related Articles