Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Google Akan Hapus Gmail, Drive, dan Foto Tahun Depan. Beneran?

Indiekraf.com – Kabar mengejutkan datang dari Google! Beberapa waktu belakangan beredar informasi bahwa Google akan menghapus konten seperti Gmail, Google Drive termasuk pula Docs, Spreadsheet, Form, Slide yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, Google Photos juga akan ikut dihapuskan. Benar gak ya?

Rencana, Google akan mulai melakukan penghapusan konten ini mulai Juni 2021 mendatang. Kabar ini bahkan dituliskan langsung oleh pihak perusahaan teknologi multinasional ini lewat keterangan resmi. Namun, apa alasannya menutup konten – konten bermanfaat ini?

Kebijakan Google untuk melakukan ini ternyata mengacu pada praktik industri yang berlaku saat ini. Dilansir dari CNBC Indonesia, fitur yang akan dihapuskan adalah fitur yang selama ini bisa membantu pekerjaan kita. Google menyatakan bahwa untuk penghapusan konten ini memiliki syarat tertentu. Syarat tersebut seperti penghapusan konten apabila akun seseorang sudah tidak aktif selama dua tahun lamanya. Apabila syarat tersebut terpenuhi, maka seluruh konten pada Gmail sampai Google Photos akan dihapus sebagai tanda orang tersebut sudah tidak menggunakannya kembali.

Baca Juga Google Berikan Miliaran Rupiah untuk Indonesia, Dalam Rangka Apa?

Akan tetapi, Google juga menyatakan bahwa mereka tak akan menerapkan aturan ini untuk orang-orang yang penyimpanannya melebihi kuota dan memiliki reputasi yang baik. Hal ini tentu membuat lega penggunanya ya, karena dengan ini pengguna masih bisa menggunakan fitur – fitur yang disediakan Google.

Dalam keterangan, Google akan menerapkan aturan ini pada 1 Juni 2021. Namun bukan tak mungkin jika ada perubahan dalam hal tersebut. “Setelah 1 Juni 2021, jika Anda tidak aktif atau melebihi batas penyimpanan, kami akan terlebih dahulu mengirimkan pengingat melalui email dan notifikasi sebelum menghapus semua konten,” jelas pihak Google. Hal ini membuat para pengguna fitur bermanfaat milik Google masih bisa dinikmati.

Jika kamu adalah salah satu dari pengguna yang kontennya terhapus karena aturan ini, kamu pun masih bisa login dan menggunakannya kok. Karena kebijakan ini juga berlaku pada akun perorangan saja. Untuk beberapa fitur lain seperti G Suite for Education, G Suite for Nonprofits sampai saat ini masih belum ada perubahan kebijakan.

Related Articles