Digital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Grab Kenalkan Upaya Pengurangan Emisi Karbon Saat Earth Day

Indiekraf.com – Sejak tahun 2019 silam, Grab terus berusaha dalam ‘menghijaukan’ lingkungan. Mereka melakukan kampanye dengan tajuk #LangkahHIjau. Kali ini, dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia 2021 mereka melakukan gerakan #LangkahHijau dengan kolaborasi bersama pihak lainnya. Seperti apa kolaborasi tersebut?

Grab Kenalkan Upaya Pengurangan Emisi Karbon Saat Earth Day
Sumber : Instagram @grabid

Grab Kenalkan Upaya Pengurangan Emisi Karbon Saat Earth Day

Memperingati Hari Bumi Sedunia atau Earth Day 2021, Grab bekerjasama dengan pihak lain seperti Langkah Menanam Pohon, Langkah Kurangi Emisi, serta Langkah Daur Ulang. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Ridzki Kramadibrata selaku President of Grab Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa adanya langkah ini adalah sebagai upaya untuk terus mencari cara dalam mengurangi jejak karbon.

“Di Grab, kami percaya bahwa menyadari pengurangan jejak karbon dan dampak lingkungan juga sejalan dengan menciptakan peluang ekonomi bagi komunitas lokal. Kami terus mencari cara untuk mengurangi jejak karbon dan meningkatkan inisiatif keberlanjutan lingkungan kami melalui berbagai kemitraan. Program carbon offset terbaru kami yang berkolaborasi dengan Ecomatcher dan Yayasan Bumi Hijau Lestari akan memberikan kesempatan bagi kami untuk meminimalkan dampak bisnis bagi lingkungan Indonesia,” ujar Ridzki.

Kemungkinan Konsumen Bisa Melakukan Carbon Offset

Melalui pernyataan resmi dari Grab Indonesia, ada kemungkinan yang bisa terjadi dari gerakan Langkah Menanam Pohon dari Grab. Hal ini memungkinkan konsumen Grab untuk melakukan carbon offset dalam perjalanan Grab mereka. Mulai dari harga Rp200 untuk kendaraan roda dua hingga Rp500 untuk kendaraan roda empat, carbon offsite ini dapat dilakukan.

Grab juga bekerjasama dengan Benihbaik.com serta EcoMatcher untuk menyalurkan penanaman pohon di daerah Jawa Tengah. Area tersebut dikelola oleh Yayasan Bumi Hijau Lestari. Jika konsumen ingin berkontribusi langsung, maka akan diarahkan ke fitur Dana Tanam Pohon (Plant Tree Fund) di aplikasi Grab. 

Melakukan Kemitraan dengan Pemerintah, BUMN hingga Perusahaan Lokal

Ada pula langkah yaitu Langkah Kurangi Emisi yang dilakukan dengan bermitra bersama pemerintah dan perusahaan BUMN.Tak hanya itu, Grab juga bekerjasama dengan produsen kendaraan lokal seperti Gesits dan Selis, hingga produsen multinasional seperti Hyundai, Honda, Viar, dan Kymco. Harapannya, Grab mampu memperluas ekosistem kendaraan listrik hingga ‘menjamurkan’ alat pengoperasian pengisian daya untuk kendaraan listrik.

Baca Juga #BeliKreatifDanauToba Jadi Bentuk Dukungan untuk UMKM Dari Pemerintah dan Grab

Related Articles