Industri KreatifKabar Kreatif

Huawei Tak Lagi Dapatkan Pasokan Chip Smartphone dari Samsung, Apa Yang Selanjutnya Terjadi?

Indiekraf.com – Samsung dikabarkan akan segera menghentikan supply chip smartphone yang mereka buat ke Huawei. Hal ini membuat masalah yang dihadapi oleh perusahaan asal China tersebut semakin bertambah. Sebelumnya, mereka telah mendapatkan larangan peraturan untuk menjual produk mereka ke Amerika Serikat (AS).

Menurut surat kabar Korea Selatan Chosun llbo, Samsung berencana untuk menghentikan pasokan chip smartphone mereka ke perusahaan China tersebut pada tanggal 15 September nanti. Hal ini sesuai dengan berlakunya peraturan pembatasan penjualan produk dari China di Amerika Serikat yang dibuat oleh US Commerce Department (Dewan Perdagangan AS).

Baca juga Semakin Memanas! Masyarakat China Ancam Boikot Apple Kalau US Blokir WeChat

Dalam peraturan larangan itu disebutkan bahwa beberapa produk asal China dilarang untuk diperdagangkan di AS, termasuk Huawei. Tak hanya itu, Presiden Trump juga melarang masyarakat Amerika untuk menjalin kerja sama bisnis dengan perusahaan dari China.

Larangan tersebut tentunya sangat mempengaruhi bisnis dari Huawei. Saat ini, mereka telah mencoba untuk mengurangi ketergantungan membeli komponen dari perusahaan non-China. Huawei dikabarkan akan menjalin kerjasama dengan perusahaan SMIC (Semiconductor Manufacturing International Corporation) untuk membeli komponen dari mereka. SMIC merupakan perusahaan elektrik semikonduktor terbesar yang ada di China.

Baca juga Resmi Didepak AS, Kini TikTok Buat Pusat Data di Eropa

Namun, pihak Amerika Serikat ternyata juga telah mengambil langkah untuk menghancurkan kerjasama antar kedua perusahaan tersebut. Jika peraturan larangan yang dibuat sudah diterapkan, Amerika bisa menghentikan SMIC dalam mendapatkan peralatan yang mereka butuhkan untuk memproduksi chip yang akan dipasok ke Huawei.

Awal petarungan ini dimulai ketika Presiden Trump menyampaikan bahwa produk dari Huawei bisa digunakan pemerintah China sebagai mata-mata yang bisa merugikan negara lain. Padahal, pihak dari Huawei sudah mengatakan bahwa hal itu sama sekali tidak benar. Petarungan ini bisa menjadi semakin memanas jika kedua belah pihak terus melakukan tindakan yang bisa jadi merugikan banyak pihak.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Samsung will stop supplying Huawei with phone chips amid US sanctions

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button