Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Kemenparekraf Berencana Gandeng Grab Indonesia, Dalam Rangka Apa?

Indiekraf.com – Sandiaga Salahuddin Uno yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuat gebrakan baru. Dirinya membahas tentang sejumlah potensi kolaborasi dengan Grab Indonesia. Kolaborasi ini akan dilakukan dalam rangka apa, ya?

 

Sumber : kemenparekraf.go.id

 

Pria yang akrab disapa Sandiaga ini mengatakan bahwa kolaborasi ini akan difokuskan ke lima destinasi super prioritas.  Melalui keterangan resmi yang tertulis di situs Kemenparekraf, Sandiaga menjelaskan terkait potensi ini. “Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa satu tahun ini akan cukup berat. Jadi, kita fokus pada penyiapan lima destinasi super prioritas. Penyiapan ini bukan hanya infrastrukturnya atau transportasinya saja, tetapi juga pengalaman yang akan kita siapkan untuk para wisatawan,” kata Sandiaga saat berbincang dengan pihak Grab Indonesia secara daring, di Jakarta, Minggu (9/1/2021).

Menyiapkan Platform Pariwisata Digital

Menparekraf pun menginisiasi adanya peningkatan kerjasama dengan Grab demi menyiapkan platform pariwisata digital. Hal ini agar wisatawan bisa mendapatkan pengalaman baru dalam berwisata. Potensi kolaborasi ini disambut baik oleh President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata. Ia menjelaskan tentang potensi kerjasama yang disesuaikan dengan pilar yang digagas oleh Menparekraf untuk perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Pilar tersebut mencakup inovasi, adaptasi serta kolaborasi.

Inovasi ‘Grab Travel Pass’

Ridzki menambahkan bahwa inovasi yang akan dilakukan oleh Grab saat ini adalah pariwisata digital dengan layanan Grab Travel Pass. Layanan ini nantinya bisa diimplementasikan ke setiap destinasi super prioritas seperti Mandalika, Likupang, Borobudur Labuan Bajo sampai Danau Toba. “Jadi dengan aplikasi tersebut wisatawan tidak hanya bisa order untuk mobilitasnya saja, tapi juga makanan, dan bahkan bisa untuk booking hotel, pesen tiket atraksi wisata, serta ada juga telemedicine. Kita sediakan layanan digital satu paket yang mencakup hal-hal tersebut,” jelas Ridzki.

Baca Juga Ini Dia Foto Wisata Terpopuler Versi Kemenparekraf 2020!

 

Akselerasi Digitalisasi UMKM Ekonomi Kreatif

Tak hanya itu, kolaborasi juga perlu diterapkan melalui akselerasi digitalisasi UMKM ekonomi kreatif. Grab Indonesia pun mendukung gerakan #BeliKreatifLokal. Tagar ini merupakan program kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh pemerintah demi mendukung pertumbuhan UMKM di tengah pandemi COVID-19. “Kolaborasi antarlembaga ini sangat dibutuhkan, karena tidak hanya untuk menumbuhkan pariwisata, tapi juga untuk menumbuhkan ekonomi kreatifnya, menumbuhkan UMKM yang berperan besar sebagai pahlawan nasional Indonesia ,” pungkas Ridzki.

Related Articles