Kabar Kreatif

Kreatifood, Wadah untuk Bekraf Bantu Mempertemukan Startup Kuliner Dengan Investor Di Malang

Penulis : Rossya Adha

INDIEKRAF – Malang | Kedatangan tamu spesial dari Jakarta, Bekraf dengan maksud menyelenggarakan suatu event menarik pada bidang startup kuliner yaitu Kreatifood. Acara yang diadakan mulai dari tanggal 19-21 Oktober 2018 benar-benar bikin kepo sejumlah pengunjung yang datang ke Malang Town Square (Matos).

Sedikit cerita dari Kepala Subdirektorat Pasar Segmen Retail Bekraf, Muhammad Jufry menjelaskan bahwa awal mula terbesitnya ide ini berasal dari kegiatan ritel yang dilakukan di Senayan, Jakarta 2016 dan memiliki banyak peminat sehingga event ini dapat berlangsung hingga saat ini. “Melihat adanya peluang yang besar dari program ini, sangat bisa untuk dimanfaatkan, maka dari itu kami perluas dan perbesar. Karena, orang datang kesini tidak hanya sekedar makan, kenyang, lalu pulang. Tapi bisa dimanfaatkan untuk hal yang lain” terangnya dalam press con di Matos.

Masyarakat perlu tahu, bahwa kreatifood adalah suatu acara yang diadakan oleh Bekraf untuk meningkatkan subsektor di bidang kuliner dengan saling menghubungkan antara perusahaan perintis (startup) kuliner dengan pemasaran produk dan kanal distribusi.

Bonnie Susilo, salah satu anggota perkumpulan food startup Indonesia menjelaskan tentang cara pendaftaran menjadi peserta kreatifood yaitu telah terkirasi di dapam platform foodStartup Indonesia, karena Kreatifood adalah program lanjutan dan pendukung dari FoodStartup Indonesia pada bidang pemasaran.

“Uniknya dari program kreatifood ini adalah para peserta tidak boleh berjualan di kotanya sendiri, contohnya seperti apabila peserta berasal dari Malang maka dia tidak boleh mendaftar di Kreatifood Malang. Begitupun juga sebaliknya. Kreatifood adalah ajang dari seberapa berani peserta untuk mempamerkan produk makanan mereka.” Sambungnya.

Point plus dari acara ini adalah dalam setiap acara Kreatifood Bekraf mengundang pelaku ekonomi kreatif (ekraf) kuliner untuk mengikuti kelas mini disetiap kota, seperti halnya ilmu investasi, kesiapan memasarkan di luar negeri, dan bagaimana melakukan pengembangan kapasitas suatu produksi.

Salah satu peserta dari Surabaya, Diah Kusuma Hastuti sedikit bercerita tentang pengalamannya lolos dan menjelaskan bahwa Kreatifood memiliki banyak manfaat keuntungan yang bisa dipetik. Mulai mendapatkan distributor baru, reseller, dan agen. Untuk berbicara mengenai omset, tidak terlalu diambil pusing oleh Diah Kusuma, namun lebih betapa bahagianya dia karena akses pasar yang terbuka lebar, dan seorang wirausaha paling senang dengan area pemasaran yang baru.

Sumber berita :

http://suryamalang.tribunnews.com/2018/10/18/kreatifood-ajang-perjodohan-startup-kuliner-dan-investor

https://malangvoice.com/bekraf-gelar-kreatifood-di-malang/

 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close