Acara KreatifAplikasi Digital dan GameIndustri KreatifMbois Media

Mempelajari Lebih Dalam Web API Bersama Ngalam Backend Community

Indiekraf.com – API (Application Programming Interface) saat ini menjadi sangat populer di kalangan para developer. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai topik tersebut, Komunitas Ngalam Backend Community (NBC) berkolaborasi dengan DILo Malang menggelar event Meetup rutin di bulan Juli ini yang membahas lebih dalam mengenai API.

Ngalam Backend Community merupakan salah satu komunitas developer yang berada di Kota Malang. Meski dalam keadaan yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah akibat adanya pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat komunitas ini untuk terus berbagi ilmu kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan tetap diadakanya meetup rutin bulanan mereka yang dilakukan secara daring atau online.

Event ini mengundang 2 pemateri developer profesional antara lain Dandi Diputra, Technical Lead Manager OY!, dan Audi, Data Engineer spacestOck.

API atau Application Programming Interface memungkinkan para developer untuk menintergrasikan beberapa aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Elemen yang terdapat di API antara lain meliputi function, protocols, dan tools lainnya yang memungkinkan developers untuk membuat aplikasi. Menggunakan API akan mempercepat proses development dan membantu developer untuk bekerja lebih efektif.

Baca juga ORBIT 2018 – Dukungan BEKRAF untuk Pelaku Designer Kreatif Indonesia

Terdapat dua istilah dalam sistem desain yang ada pada API yaitu Synchronous dan Asynchronous. Dalam penyampaian materinya, Dandi menyatakan bahwa ia lebih memilih Asynchronous karena tidak membuat “waiting response” kepada user kita.

Dalam menggunakan Synchronous, Dandi mengibaratkan ketika kita melakukan transaksi di Bank, kita berada di urutan 3, maka kita harus menunggu antrian 1 dan 2 selesai terlebih dahulu. Berbeda dengan Asynchronous, meski tetap harus menunggu transaksi berhasil, namun user bisa terus melakukan proses selanjutnya yang ada di aplikasi dan nantinya akan mendapatkan informasi jika proses transaksi telah selesai.

“Waiting response sangat tidak baik untuk experience, saya lebih memilih asynchronous.” ujar Dandi saat menyampaikan materinya di event tersebut.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Buka WA
Halo Sobat Kreatif ! Yuk Kolaborasi bareng indiekraf.com