Industri KreatifKabar KreatifKulinerPelaku Kreatif

Soto Betawi Miyamoto: Menu Indonesia yang Debut di Jepang

Indiekraf.com – Dewasa ini, makanan khas Indonesia sudah cukup banyak ditemukan di berbagai negara. Di beberapa negara kini tak sedikit makanan seperti rendang, nasi goreng hingga bakso tersedia di restoran Indonesia. Ada lagi nih salah satu menu makanan yang berhasil go international tepatnya di negara Jepang. Makanan tersebut adalah Soto Betawi Miyamoto!

Soto Betawi Miyamoto: Menu Indonesia yang Debut di Jepang
Sumber : Instagram @sotobetawimiyamoto

Soto Betawi Miyamoto: Menu Indonesia yang Debut di Jepang 

Soto Betawi Miyamoto adalah soto khas betawi asal Indonesia yang berhasil masuk ke daerah Tokyo. Pada awalnya, soto betawi ini berasal dari ‘Soto Betawi Bang Rojak’. Agar terdengar lebih catchy  dan familiar di telinga warga Jepang, soto ini berganti nama menjadi Soto Betawi Miyamoto. 

Di restoran Soto Betawi Miyamoto ini tak hanya menyediakan soto betawi saja. Ada beberapa menu lainnya seperti sate tambulinas, sate kambing, daging balado, hingga nasi goreng. 

Berbeda dengan Menu Soto Betawi Pada Umumnya

Makanan khas betawi yang sekarang bertengger di Jepang ini berbeda dengan menu soto betawi biasa. Menu soto ini merupakan racikan dari koki asli Indonesia, Jane Dorsila Tangka. Dibuatnya soto betawi ini juga ternyata disesuaikan dengan cita rasa yang familiar dengan makanan masyarakat Jepang.

Untuk harga yang ditawarkan pun jelas berbeda dari soto betawi di Tanah Air. Di Indonesia, harga soto betawi umumnya memiliki harga dengan kisaran Rp20 ribu hingga Rp30 ribu. Akan tetapi, di Jepang untuk bisa memesan seporsi soto betawi ini harus merogoh kocek sebesar 1200 yen. Angka tersebut setara dengan Rp150 ribu. Harga yang ditawarkan pastinya sebanding dengan kualitas daging dalam soto ini yang empuk khas daging di Jepang. 

Proses Menghadirkan Soto Betawi Miyamoto yang Tidak Mudah

Untuk bisa menghadirkan Soto Betawi Miyamoto ke Jepang bukanlah perkara mudah lho. Pasalnya, soto khas Indonesia ini harus dibawa oleh Herjunot Ali dan Codafood mulai dari market assessment hingga food testing. Meskipun dibuat di Jepang, soto betawi ini tetap memiliki rasa yang sangat mirip dengan yang ada di Tanah Air.

Codafood juga menemukan bahan-bahan makanan yang pas untuk membuat menu soto betawi di Jepang. “Soto betawi yang agak ke-Jepangan dari sisi masyarakat Indonesia yang ke sana, mereka relate di soto betawinya.” jelas Herjunot Ali.

Baca Juga Bikin Ketagihan! Ini Rahasia Kelezatan Soto Bangkong Khas Semarang

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button