fbpx
Industri KreatifInsightKuliner

3 Olahan Kedelai Selain Tempe dan Tahu yang Bermanfaat Bagi Kesetahan Tubuh

Indiekraf.com – Kedelai adalah salah satu bahan pangan yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam produk kuliner di dunia. Mulai dari makanan, minuman, hingga bumbu tambahan. Telah banyak jenis kuliner berbahsan dasar dari olahan kedelai yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Kedelai kaya akan kandungan protein utuh. Hal ini memiliki arti jika protein di kedelai mengandung kesembilan asam amino yang ada. Dalam 100 gram kedelai mengandung protein sebesar 12,35 gram, sehingga, tak heran jika kedelai menjadi salah satu sumber protein bagi sebagian masyakarat di dunia.

Baca juga Ini Rahasia Sego Tempong Mbok Wah di Banyuwangi Bisa Terkenal

Salah satu olahan kedelai yang saat ini sedang banyak diminati masyarkat adalah produk fermentasi. Tak hanya memberikan rasa yang lezat, namun, jenis olahan tersebut ternyata juga mampu memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut adalah contoh olahan kedelai yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan:

Natto

Merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kedelai dengan bakteri Bacillus subtilis. Memiliki rasa nutty dan aroma yang tajam, makanan ini memiliki manfaat seperti menyehatkan sistem pencernaan, memelihara kesehatan tulang, hingga diyakini dapat menurunkan resiko kanker. Natto biasa disajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Miso Soup

Seperti dari namanya, miso soup terbuat dari pasta miso yang memiliki rasa gurih dan asin yang lezat. Pasta miso sendiri merupakan jenis olahan kedelai yang dibuat dengan cara memfermentasi kedelai dengan bakteri koji dan ditambahkan sedikit garam. Makanan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, melindungi pencernaan, hingga memiliki potensi untuk mencegah kanker payudara.

Gochujang

Gochujang merupakan saus khas asal korea yang biasa digunakan untuk masakan seperti bibimbap, budae-jjigae, ayam goreng yangnyeom, dan tteokbokki. Saus ini terbuat dari campuran pasta kedelai, fermentasi beras ketan, bawang putih, cabai merah, dan sirup jagung. Gochujang memiliki manfaat untuk menyehatkan usus, meningkatkan sistem imun, serta meningkatkan energi dalam tubuh.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? 3 olahan kedelai diatas bisa menjadi alternatif pilihan kuliner kita jika ingin mengonsumsi selain tempe dan tahu.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button