Kreatif Tourism

5 Hal Unik Tentang Kampung Warna Warni Jodipan – Malang

Ditulis oleh : Rossya Adha

Kota Malang merupakan salah satu kota wisata yang ada di Jawa Timur. Banyak para pendatang yang memilih untuk menghabiskan waktu liburan bersama ke Kota Apel, Malang. Hal ini dikarenakan Malang mempunyai setiap keunikan disetiap wisata yang dikunjungi. Bahkan tak heran pun banyak pendatang  merasa kagum dengan keunikan Kota Malang salah satunya dalam hal wisatanya.

Berbicara tentang wisata unik, di Malang juga terdapat wisata unik dengan tiket masuk yang murah meriah alias terjangkau. Wisata itu bernama Kampung Warna-Warni Jodipan. Seolah menjadi buah bibir oleh media, sebuah pemukiman kumuh disulap menjadi sedemikian rupa dengan cat warna-warni yang menjadikan kampung ini menjadi salah satu objek wisata di Kota Malang. Banyak para pengunjung yang mengungkapkan kekagumnnya pada kampung ini.

Dibalik keindahan kampung warna-warni terdapat hal-hal unik yang menarik untuk dibahas:

  1. Hasil Kreativitas Mahasiswa UMM

Tahukah kalian siapa dibalik pengganggas ide dibalik kampung warna warni Jodipan? Mereka adalah delapan anak muda mahasiswa jurusan komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Kreatifias ini berawal dari tugas praktikum PR dan Event Management yang diketuai oleh Nabila Firdanisya. Nabila bersama kelompoknya mengajukan proposal ke perusahaan cat dan ternyata perusahaan tersebut juga memiliki program yang ingin dijalankan.

  1. Terinsipirasi dari Kota Rio De Janeiro

Salah satu pengganggas kampung warna-warni menyatakan bahwa salah satu insipirasinya adalah berasal dari sebuah kampung yang berada di Rio De Janeiro, Brazil. Kampung tersebut juga berawal dari pemukiman kumuh lalu disulap  oleh dua orang seniman Hass dan Han sejak tahun 2006.

  1. Berawal dari pemukiman kumuh berubah menjadi wisata unik

Mungkin dulu kalian mengenal kampung warna warni sebagai pemukiman kumuh bahkan menjadi salah satu pemukiman terkumuh di Indonesia dalam urutan ke 11. Namun, kini semuanya telah berubah, pemukiman kumuh tersebut disulap menjadi pemukiman warna warni dan dijadikan tempat wisata. Setelah disulap menjadi tempat wisata, warga kampung warna warni selalu menjaga kebersihan lingkungan mereka.

  1. Kampung warna warni terdiri dari 3 RT

Pengecatan ratusan rumah yang dilakukan pada RW 2 meliputi R 6,7, dan RT 9 ini semakin menarik setelah di cat ulang. Bahkan membutuhkan sekitar 3 ton cat. Setelah melakukan pengecatan ulang semakin menambah daya tarik wisatawan luar bahkan lokal.

  1. Menjadi ikon wisata Kota Malang

Mochmammad Anton, Walikota Malang mengatakan bahwa terobosan dan solusi dari kreativitas para Mahasiswa UMM di kampung Jodipan ini memiliki dampak positif bagi pertumubahan ekonomi warga. Bahkan pemkot Kota Malang akan membantu mendanai kampung ini agar terus berkembang kedepannya.  

Sumber Gambar : NGIDERNGILER.com

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close