Industri KreatifInsightTips Kreatif

5 Tips Melakukan Networking di Industri Kreatif

Indiekraf.com – Pada era modern seperti sekarang, skill melakukan networking sangat dibutuhkan, khususnya di sektor industri kreatif. Banyak orang yang memiliki kapabilitas bagus namun tidak memiliki relasi. Ketika di seminar atau workshop dengan banyak orang lebih memilih untuk berdiam diri dan berkumpul dengan temanya saja. Ketahuilah bahwa kebiasaan ini perlu segera dirubah.

Networking yang bagus akan membantu kita untuk mengembangkan bisnis atau potensi kemampuan kita menjadi lebih baik. Ketika memiliki relasi yang banyak, bisnis yang kita bangun bisa dikenali dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya marketing yang tinggi.

Berikut adalah 3 tips yang perlu kamu perhatikan untuk meningkatkan kemampuan networking di dunia industri kreatif:

1. Berpakaian Rapih dan Sopan

Usahakan untuk selalu menampilkan versi terbaik dari penampilan yang kamu punya. Tak perlu memakai jas yang berharga jutaan rupiah, minimal business casual. Jangan lupa juga untuk menggunakan parfum agar aroma badan kita mengganggu orang lain.

2. Memiliki Kartu Nama

Kartu nama sangat penting untuk selalu dibawa. Dengan adanya kartu ini akan mempermudah proses perkenalan kepada calon relasi kita. Jika kamu sudah bekerja, lebih baik gunakan kartu nama dari perusahaan. Berikan kartu nama kamu menggunakan dua tangan untuk kesan yang sopan dan profesional.

3. Perhatikan Topik Pembicaraan

Lakukan perkenalan di awal atau akhir acara. Kenali kerumunan yang ada dalam acara tersebut. Seringkali kita merasa kurang percaya diri untuk ikut mengobrol di sebuah kerumunan, apalagi yang sedang membahas topik yang kita tidak begitu paham. Oleh karena itu, sebelum ikut berdiskusi, pastikan topik yang sedang dibicarakan relevan dengan topik yang ingin kamu bahas.

4. Kenali Lebih Dalam Lawan Bicara

“Kalau boleh tahu, dari instansi/perusahaan mana?”. Mulailah dengan percakapan sederhana seperti contoh tersebut. Tanyakan hal yang berkaitan dengan lawan bicara kamu. make it about them. Ketika lawan bicara sudah berbicara banyak dan ditanya balik, waktunya untuk memberikan impresi baik seperti “Let’s get coffee and discuss about how our works can benefit each other someday.”

5. Kirim Personal Email

Ketika berhasil bertukar kontak, jangan lupa untuk mengirim email kepada calon relasi setelah acara selesai atau keesokan harinya. Perkenalkan diri kamu lagi dan ajak mereka untuk bertemu. Contoh: “Hi (nama), it was wonderful to meet you yesterday. Let’s catch up over coffee to discuss further.” Semoga dengan adanya tips ini bisa menambah networking kamu kedepanya.

Penulis : Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Tips Networking Untuk Masa Depan Cerah from Twitter @windaul

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button