Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

5G di Indonesia, Akankah Telkomsel Jadi yang Pertama?

Indiekraf.com – Di Indonesia, saat ini jaringan 5G sudah mulai masuk terdengar kabarnya. Belum lama ini pun Telkomsel juga mengumumkan kabar mengenai jaringan tersebut nih. Kabarnya, Telkomsel sudah mendapat restu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk membawa 5G di Indonesia.

 

5G di Indonesia, Akankah Telkomsel Jadi yang Pertama?

Seakan menyambut jaringan terbaru di Indonesia, kini Telkomsel digadang akan membawa jaringan 5G ke Indonesia. Restu tersebut resmi keluar setelah operator milik Telkom Group berhasil melalui uji. Uji tersebut merupakan Uji Layak Operasi (ULO) 5G dari Kementerian Kominfo ke Telkomsel. 

SKLO yang sudah dikantongi ini membekali Telkomsel untuk menjadi operator pertama yang meluncurkan 5G. Dengan begitu, perusahaan telekomunikasi ini akan menjadi yang pertama di Indonesia untuk membawa jaringan 5G.

 

Dikonfirmasi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Diterbitkannya kabar ini ternyata sudah dikonfirmasi langsung oleh Johnny G Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring pada Senin (24/5), ia mengatakan bahwa Telkomsel telah mempersiapkan 5G secara komersial.

“Penerbitan SKLO menandakan kesuksesan Telkomsel dalam persiapan dalam pergelaran 5G secara komersial, khususnya pada pita frekuensi 2,3 Ghz dengan lebar pita 30 Hz dan rentang 2.300 – 2330 MHz,” terangnya. Selain itu, Setyanto Hantoro selaku Direktur Utama Telkomsel juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan mempersiapkan uji coba yang akan datang. Uji coba launching 5G di Indonesia ini akan dilakukan di enam lokasi yaitu Pondok Indah, BSD, Kelapa Gading, Widya Chandra, Alam Sutera dan Pondok Indah Kapuk.

 

5G di Indonesia Baru Akan Ada di Mal?

Sempat juga beredar kabar tentang jaringan 5G di Indonesia yang akan hadir di mal saja. Kabar itu nyatanya ditepis oleh Setyanto. “Tidak hanya di mal, termasuk di area residensialnya,” terangnya. Dirinya juga mengkonfirmasi bahwa layanan 5G tak perlu mengganti SIM Card 4G. 

Namun, faktor paling penting adalah calon pengguna harus menggunakan smartphone yang bisa mendukung band yang dipakai Telkomsel.

 

Baca Juga Demi Percepatan Serta Pengembangan Ekosistem Digital, PT Telkom Siap Bantu Kek Singhasari

 

Related Articles