Kabar KreatifNetijen

6 Perbedaan Menarik Antara Wirausaha vs PNS

Penulis: Rossya Editor: Indiekraf

Generasi milenial atau biasa yang disebut dengan Generasi Y. Kelompok generasi ini berawal dari kelahiran tahun 1990 hingga 2000. Generasi ini juga disebut-sebut awal mula generasi yang melek akan kecanggihan teknologi. Banyak bermunculan bermacam-macam inovasi bahkan ke-kreatifitas dari anak bangsa. Kota Malang juga merupakan salah satu Kota Malang yang melek akan kecanggihan teknologi. Berlomba-lomba dalam memanfaatkan teknologi dalam setiap pekerjaannya hingga berbasis industri kreatif. Banyak sekali para pengusaha muda yang mulai mengembangkan bisnis mereka dalam industri kreatif.

Namun dibalik berlombanya para wirausahawan muda untuk mengembangkan bisnis mereka, masih banyak juga yang menginginkan untuk menjadi PNS. Bahkan tak bisa dipungkiri apabila masih banyak yang bercita-cita bekerja sebagai PNS. Jumlah yang mendaftar dengan kuota penerimaan calon anggota pns pun terkadang bisa mencapai hingga 100 kali lipat. Fakta ini membuktikan terkadang bersaing untuk menjadi anggota PNS lebih susah dibanding menjadi wirausahawan.

Baca Juga: Go Public, platform GSI hasil kolaborasi antara BEKRAF bersama PT BEI

Banyak yang mengira bahwa menjadi PNS masa depan akan lebih terjamin daripada menjadi seorang Wirausahawan. Padahal, manfaat menjadi wirausaha banyak sekali salah satunya adalah tentang pendapatan. Banyak wirausaha yang mendapatkan gaji 10x lipat dari jumlah pendapatan PNS. Tidak hanya masalah pendapatan banyak sekali manfaat yang bisa dipetik.

Simak beberapa manfaat antara WIRAUSAHA vs PNS:

  1. Bisa Menggali Potensi Diri

Untuk kalian yang bekerja di perusahaan orang. Hal pertama yang dialami adalah lingkungan bekerja yang selalu sama setiap harinya. Anda kurang bisa untuk mengembangkan potensi dalam diri anda. Apalagi juga masalah pendapatan yang diperoleh hanya sesuai standart perusahaan tidak bisa lebih.

Berbanding terbalik ketika anda menjadi pengusaha, anda bisa menggali potensi yang berada dalam diri anda. Selalu menciptakan inovasi-inovasi baru dalam perusahaan anda. Masalah pendapatan, jangan diragukan lagi. Anda bisa mendapatkan gaji melebihi apa yang anda targetkan.

  1. Pendapatan yang berlimpah

Siapa yang tidak ingin mendapatkan pendapatan yang banyak hingga bisa 100x lipat sekali kerja. Mungkin ini bisa dikatakan berlebihan, namun pendapatan para pengusaha bisa mencapai 10x atau 100x dari pendapatan pekerja PNS setiap bulannya.

  1. Mempunyai wewenang dalam bekerja

Fakta ini sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Hal ini memang dianggap fakta bahwa perbedaan yang signifikan antara pekerja PNS dengan wirausaha berada dalam hal “wewenang”. Untuk pekerja PNS kekuasaan wewenang berada dalam tangan atasan. Semua telah diatur dalam SOP kantor. Sehingga kita mau tidak mau harus mengikuti SOP perusahaan. Berbeda dengan wirausaha atau si pemilik perusahaan bahwa fakta anda adalah orang yang akan sepenuhnya mengatur jalannya SOP atau jalannya bisnis.

  1. Waktu

Waktu juga bisa menjadi penentu perbedaan antara wirausaha dan PNS. Menjadi pekerja PNS waktu yang dihabiskan lebih banyak di kantor terhitung sekitar 8 jam waktu yang harus dihabiskan untuk menjadi pekerja PNS belum lagi harus melembur untuk suatu kerjaan. Berbeda dengan pengusaha, karena mereka mempunyai wewenang dalam suatu perusahaan sehingga untuk urusan waktu merekalah yang mengatur sendiri.

  1. Bisa menikmati liburan kapan saja

Sebagai seorang pengusaha, mungkin ini salah satu manfaat yang bisa dimanfaatkan yaitu liburan. Seorang pengusaha bisa berlibur kapan saja tanpa ada yang melarang atau kehilangan pekerjaan. Berlibur bagi seorang pengusaha tidak hanya di waktu weekend saja bisa dilakukan dihari-hari biasa. Karena sebagaian orang yang ingin berlibur harus menunggu libur cuti panjang atau libur panjang yang disediakan oleh aturan pemerintah.

  1. Bos Perusahaan

Salah satu fakta menarik apabila anda menjadi seorang pengusaha daripada menjadi PNS atau pegawai swasta lainnya, karena anda adalah bos di perusahaan yang anda bangun sendiri. Seorang pengusaha akan mengatur jalannya bisnis dan juga jalannya SOP perushaan.  Seorang pengusaha akan mengambil penuh dalam hal pengambilan keputusan bersama.

Enam fakta menarik mengenai perbedaan yang signifikan antara wirausaha atau PNS bahkan pekerja swasta lainnya. Enam hal yang dijabarkan diatas adalah alasan kenapa anda harus menjadi wirausaha daripada seorang pekerja swasta atau PNS.

 

Source artikel : http://antijobless.com/alasan-kenapa-harus-jadi-pengusaha-daripada-menjadi-pns-atau-pegawai-swasta-6-kenikmatan-ini-akan-didapatkan/

Source gambar : https://www.dakwatuna.com/wp-content/uploads/2016/04/ilustrasi-orang-berdasi-tas-koper.jpg

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close