Tips Kreatif

6 Tanda Yang Menunjukkan Bahwa Manajemen Keuanganmu Buruk, Yuk Segera Hindari!

Ditulis oleh : Oci

Indiekraf – Manusia bekerja dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hudup sehari-hari. Membeli banyak barang yang ingin dibeli, memiliki banyak keinginan yang seakan-akan belum terpenuhi padahal sebenarnya kebutuhan kita sudah mencukupi.
Dan sering kali kita lupa untuk mengelola keuangan kita dengan baik karena hal-hal tidak penting itu. Apa saja ciri-cirinya ? Yuk Langsung cek aja !

1. Tagihan Kartu Kredit Lebih Banyak Ketimbang Gaji Bulanan

Kesalahan dalam mengelola penggunaan kartu kredit, bukan berarti tidak bermanfaat loh. Kartu kredit memang sering dianggap sebagai penyelamat di saat kondisi sedang genting.
Namun sering kali penggunaannya berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Sebelum menggunakan kartu kredit sebaiknya pikirkan dulu estimasi untuk pembayarannya di bulan berikutnya. Apalagi jika pembayarannya tiap bulan hanya pembayaran minimal, bakal ngutang terus dong.

2. Kerja Sekian Lama, Tapi Gak Ada Tabungan


Banyak orang yang mengalami hal seperti ini, sudah kerja lama namun nihil tabungan. Hal seperti ini memang bukti jika kemampuan mengelola keuanganmu tidak baik. Coba hitung total gajimu selama bekerja dan bandingkan dengan tabungamu saat ini. Bahkan jika kamu sudah menabung hanya 10 persen dari gajimu setiap bulannya, itupun sudah sangat membantumu disaat waktu-waktu tersulit. Jadi gimana mulai tertarik menabung gak ?

3. Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan

Sumber : smecastle.com

Menghabiskan uang tanpa merencanakannya dengan matang dahulu ada bukti bahwa kemampuan mengelola keuanganmu yang baik. Tidak memiliki perencanaan keuangan akan berakibat pemborosan. Barang yang seharusnya tidak perlu dibeli tapi kamu tetep membelinya yang berakibat uangmu habis untuk barang yang tidak bermanfaat.

4. Kebiasaan Tidak Menghitung Detail Pengeluaran

Sumber : SahabatPegadaian
Siapa bilang mencatat pengeluaran bulanan itu tidak penting ? Pengeluaran keuanganmu akan tidak terbatas apabila tidak mencatat pembagian untuk pengeluaranmu. Bisa saja ada hal yang terlupakan yang tidak dicatat.
Pasti kalian pernah mengalami uang di akhir bulan mulai menipis, tapi kamu lupa bahkan tidah tahu uangnya digunakan buat apa saja ? Jadi itulah risikonya. Kamu jadi merasa uang hilang begitu saja padahal yang sebenarnya uang itu sudah kamu belanjakan barang-barang kebutuhanmu.

5. Gak Bisa Ketinggalan Barang Kekinian

Sumber : Ladyo.it
Masyarakat sekarang ini terutama generasi milenial mempunyai kebiasaan gaya hidup yang konsumtif. Sering kali tidak ingin ketinggalan membeli barang yang up-to-date atau biasa disebut ‘kekinian’. Kebiasaan seperti ini sangat mebahayakan bagi pengelolaan keuanganmu. Seperti contoh ada gadget keluaran terbaru dan kamu ingin memilikinya padahal uangmu masih bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya.

6. Belum Pernah Menyisikan Pendapat Untuk Kedua Orangtua

Sumber : Blog GotoMalls
Orangtua kita tidak akan berharap banyak dari anaknya yang sudah bekerja. Tapi sebagai anak bukankah kita ingin memberikat sesuatu yang spesial untu orangtua kita ? Bukan sebagai ukuran balas jasa namun sebagai bentuk ungkapan syukur. Coba kamu hitung, kira-kira sudah berapa kali membantu orang tuamu ?

Yuk segera hindari ciri-ciri diatas dan mulailah disiplin mengatur keuanganmu untuk masa depan yang cerah …

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close