Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKreatif TourismPelaku KreatifWisata Kreatif

AKI 2021 Jadi Harapan Ekonomi Kreatif Pasca Pandemi

Indiekraf.com – Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghadiri acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI 2021). Acara tersebut merupakan bagian dari program Kemenparekraf / Bapearekraf, lho. Seperti apa keseruan acara tersebut?

 

AKI 2021 Jadi Harapan Ekonomi Kreatif Pasca Pandemi

Sebagai salah satu program Kemenparekraf, Apresiasi Kreasi Indonesia atau AKI 2021 berlangsung dengan meriah. Acara tersebut dilangsungkan untuk memberi pendampingan pada pelaku ekonomi kreatif. Hal ini dirasa menjadi bentuk dukungan pemerintah untuk membangkitkan ekonomi kreatif di Indonesia pasca pandemi. Meski tak mudah dalam menghadapi masa pandemi, AKI 2021 menjadi harapan besar untuk membangkitkan semangat pelaku ekonomi kreatif.

 

Pelaku ekonomi kreatif yang mendapat pendampingan antara lain di subsektor kriya, fesyen, musik, animasi, film, kuliner dan lainnya. Program ini juga meliputi di 20 kota atau kabupaten di Tanah Air melalui adanya peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif. Pendampingan dilakukan dengan adanya pelatihan kewirausahaan dan mentoring.

 

AKI 2021 Jadi Ajang Munculnya Penggerak Ekonomi Kreatif Indonesia yang Baru

Sandiaga memberikan sambutan pada acara yang dilangsungkan Jumat (28/5) tersebut. “Melalui Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 diharapkan mampu memberi kesempatan bagi masyarakat untuk bisa mengangkat kembali potensi, semangat, dan pendapatan pelaku di industri kreatif khususnya di subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, aplikasi, permainan, film, dan animasi yang jatuh karena efek pandemi COVID-19 sehingga nantinya dapat meningkatkan daya saing, menghasilkan produk yang siap berkompetisi di pasar produk kreatif baik skala nasional maupun internasional,” ucapnya.

 

Ia juga menekankan bahwa AKI 2021 bisa menjadi ajang untuk membanggakan Indonesia di mata dunia. Hal itu bisa diinisiasi lewat gagasan, ide, kreasi, hingga perluasan jaringan kerja. 

 

Adanya Bootcamp untuk Peserta yang Lolos 

Untuk peserta yang sudah memenuhi syarat, nantinya akan dikurasi menjadi 20 peserta untuk masing-masing kota. Setelah itu, mereka akan mengikuti proses pameran dan bootcamp

 

“Nantinya acara akan dikemas dalam talkshow kreatif dan workshop dimana peserta dapat hadir secara luring dan daring melalui platform digital, festival film, music live performance dan acara puncaknya yaitu Pekan Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021,” ujar Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam.  

 

 

Baca Juga Festival Film Sundance Cetak Sejarah Baru Lewat Acara Virtual

 

Related Articles