Aplikasi Digital dan GameDesain ProdukIndustri Kreatif

Alasan Dibalik Menghilangnya Touch Bar di MacBook Pro Terbaru

Indiekraf.com – Seperti sebelumnya, brand teknologi ternama ‘Apple’ selalu membuat inovasi di setiap tahunnya. Kali ini, Macbook Pro keluaran terbaru dikabarkan akan menghapus salah satu fitur unggulannya yaitu Touch Bar. Kabar ini tentunya jadi pembicaraan di kalangan pecinta gawai dengan logo ‘apel tergigit’ itu. Kira-kira kenapa Touch Bar Macbook Pro hilang? Simak penjelasannya di bawah, ya!

Hilangnya Touch Bar di Macbook Pro Jadi Perdebatan

Sekitar lima tahun yang lalu, Apple sebagai brand teknologi meluncurkan inovasi di produk Macbook Pro. Di masa itu, mereka merilis Macbook dengan fitur Touch Bar. Dengan fitur yang semakin canggih, tentunya laptop tersebut memiliki harga yang tidak murah. Bahkan ada warganet yang mengatakan bahwa justru Touch Bar itulah yang membuat Macbook Pro punya harga ‘selangit’. 

Dikutip dari CNET, design Leader-nya yaitu Jony Ive sendiri mengatakan bahwa memang Touch Bar inilah yang jadi ‘awal mula dari arah yang menarik’. Akan tetapi, kini fitur tersebut justru dihapus dan tak lagi diterapkan di produk mereka di masa mendatang. 

Kenapa Touch Bar Macbook Pro Hilang? Ini Alasannya!

Pada ajang product event yang dilakukan Apple, mereka mengumumkan beberapa pembaharuan di beberapa gawai. Perubahan tersebut terjadi pada AirPods Generasi 3, HomePod Mini serta Macbook Pro. Seperti yang sudah diketahui, Apple memang sudah tak pernah membuat update pada Mac OS yang bisa menambah kecanggihan Touch Bar. Padahal, konsep awal dari fitur tersebut sangat menarik lho.

Fitur yang menambah garis panjang di atas keyboard dengan layar sentuh ini memang menarik. Pasalnya, hal itu baru pertama kali dibuat oleh Apple dan tak ada di produk Macbook sebelumnya. Tapi, ternyata justru tak sedikit pengguna yang ingin mematikan fitur tersebut lho. Kembali dijelaskan oleh CNET, bahwa fitur tersebut kerap kali bikin pengguna jadi salah ketik. Hal itu karena ketika pengguna mau mengetik angka, mereka justru tak sengaja menyentuh Touch Bar. 

Hal itulah yang jadi alasan Macbook Pro dari Apple 14 inch dan 16 inch nanti tak akan dapat fitur tersebut lagi. Mereka akan menerapkan tombol fisik yang menjadi satu dengan keyboard. Gimana menurut kalian tentang perubahan ini?

Baca Juga Jumlah View Youtube Bisa Berkurang, Kenapa ya?

Related Articles