Tak Berkategori

Art vs Design, Yuk Simak Mana yang Lebih Kreatif ?

Sharing kreatif tentang Art dan Design oleh expert dari komunitas

Interaction Design Association atau IxDA adalah komunitas global yang memiliki disiplin ilmu Desain Interaksi. Komunitas ini tersebar di tiga benua Amerika, Eropa dan Asia dan salah satu bagian dari Asia. Asia Tenggara berada di Singapore dan Indonesia lebih tepatnya Kota Malang. IxDA telah menggelar beberapa kegiatan dan berkolaborasi dengan komunitas lain, dan salah satunya adalah Asosiasi Desainer Grafis Indonesia atau ADGI Chapter Malang.

Kolaborasi antara IxDA dan ADGI menggelar Talkshow tentang bagaimana memahami seni “ART” dan DESIGN pada 26 Februari 2019. Kolaborasi dua komunitas yang memiliki disiplin ilmu desain ini rupanya menjadi yang paling diminati karena masih banyak orang yang juga masih belum dapat membedakan apa itu seni dan desain.

Kolaborasi yang digelar dengan tema talkshow ini di bawakan oleh Victor Abednego, Designer & Dosen DKV dari Binus Malang sebagai moderator.  Sebagai panelis Andreas Syah Pahlevi Dosen DKV Universitas Negeri Malang (Ketua ADGI Malang) dan Alvan Zaputra (Product Designer dan UX Psychology Tabook Indonesia). Ketiga orang tesebut sangat mencairkan suasana event kolaborasi yang digelar di DILo Malang ini.

Kedua panelis beradu argumen tentang posisinya masing-masing pada intinya kedua panelis menekankan tentang konteks masing antara seni dan desain. Event kolaborasi ini pun sangat tergambar juga bagaimana sisi akademis bertemu dengan sisi praktisi.

Kedua penelis juga menyampaikan bahwa sebenarnya seni dan desain sangat berkaitan satu sama lain. Tetapi hal itu semua tergantung pada diri sendiri bagaimana cara memahami konteks dari keduanya. dari argument-argument yang keluar dari penelis juga akhirnya membuat peserta terpacu untuk mengajukan pertanyaan tentang kegalauan mereka saat ini tentangs seni dan desain.

Di akhir acara perwakilan IxDA dan ADGI menyampaikan bahwa jika didebat ini dirasa belum cukup akan ada jilid kedua yang tentunya akan lebih seru dan lebih mendalam lagi dan “bersiap-siaplah untuk semakin bingung” tegasnya.

Sumber :
PR DILo Malang
malang.dilo.id

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close