Kabar KreatifSeni Pertunjukan

ASIAN GAMES 2018 – Opening Ceremony Spektakuler Terbesar di Dunia!

Ditulis Oleh: Annisa Nur Fitri

Opening Ceremony Asian Games 2018 memang akan melibatkan sejumlah sosok ternama Tanah Air yang bergelut di bidang industri kreatif. Salah satunya adalah Presiden Direktur PT Net Mediatama Televisi (NET), Wishnutama yang dipercaya sebagai Creative Director.

Wishnutama nantinya juga akan dibantu oleh Addie MS (sebagai Music Director), Denny Malik (Choreographer), Eko Supriyanto (Choreographer), dan Dynand Fariz (Designer). Saat konferensi pers yang dilaksanakan akhir Mei lalu, Wishnutama menyatakan bakal menyiapkan panggung terbesar yang pernah ada di dunia yang akan menyaingi Opening Ceremony Winter Olympic yang diadakan di Pyongchang, Korea Selatan pada 9 Februari hingga 25 Februari 2018 lalu.

Opening Ceremony Asian Games 2018 sendiri akan mengusung konsep yang memperlihatkan keragaman budaya Indonesia yang dibungkus dalam semangat persatuan. Opening Ceremony Asian Games melibatkan hingga 10.000 orang, yang nantinya akan menghadirkan pertunjukan kolosal di antaranya artis, musisi, penari, tim kreatif, hingga teknisi dan produksi. Yang menarik, para pengisi acara berasal dari usia yang berbeda-beda, yaitu antara 9 tahun hingga 77 tahun. Oleh karena banyaknya partisipan yang terlibat, Wishnutama mengatakan bahwa mereka terpaksa melakukan sesi latihan di 18 tempat berbeda agar efektif. Dari segi kreatif, Wishnutama memastikan akan mengangkat budaya kearifan lokal serta kesenian Indonesia yang dikemas dengan selera masa kini.

Tak hanya itu, sederet artis Tanah Air nantinya juga telah dijadwalkan untuk ikut meramaikan gelaran akbar pta olahraga di Asia ini, antara lain Anggun C Sasmi, Raisa, Tulus, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, hingga Via Vallen. Panggung yang dibuat pun juga tidak kalah spektakuler, berdiri di hadapan sekitar 42.000 penonton langsung, garapan panggung ini nantinya akan menjadi yang paling spektakuler.

Dengan ukuran panjang 120 meter dan lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter, panggung dibuat dengan nuansa pemandangan gunung lengkap dengan berbagai ornamen yang mencirikan flora khas Nusantara. Panggung akan diisi dengan lebih dari 12.775 tanaman dan bunga, dan terdapat area tambahan seluas 1.350 meter persegi. Panggung nan megah yang digadang-gadang sebagai panggung terbesar di Dunia ini dibuat secara manual oleh tangan-tangan perajin dari Bandung dan Jakarta ini akan menjadi tempat bagi 4.000 penari arahan koreografer handal, Denny Malik dan Eko Supriyanto. Kedua koreografer ini juga memastikan akan menghadirkan sendratari lokal dari semua daerah di Indonesia yang dipadukan dengan garapan tari modern.

Semangat menyambut pekan olahraga se-Asia ini. Yuk kita tunjukan dan berikan semangat kepada atlet-atlet kita, Indonesia pasti juara!

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button