Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Bantu Berdayakan UMKM Perempuan Di Malang Raya, Dana Kolaborasi Dengan Mercy Corps Indonesia

Indiekraf.com-Guna memberdayakan usaha kecil dan menengah atau UMKM khususnya perempuan di Malang raya, Dompet Digital Indonesia atau DANA berkolaborasi dengan Mercy Corps Indonesia (MCI). Kerjasama kedua belah pihak ialah dengan melakukan pendampingan dan pelatihan kepada pelaku UMKM perempuan di Malang Raya melalui program Covid-19 recovery for Women-led Small Businesses in Greater Malang (Camelia).

Program Camelia ini sendiri difokuskan pada program pemberdayaan pengusaha perempuan yang terdampak covid-19 agar dapat mengoptimalkan kebutuhan UMKM yang dikelolalnya.

“Kami melihat potensi UMKM yang begitu besar dalam memajukan Jawa Timur. Maka diperlukan penguatan literasi digital lewat sinergi berbagai industri agar UMKM mampu berkembang dan beradaptasi di masa pandemi,” ucap Ade Soekadis, Executive Director MCI seperti dilansir dari suryamalang.com.

Adanya kerjasama dengan DANA ini dapat memberikan literasi keuangan digital bagi pelaku UMKM di Malang Raya. Tentunya hal ini dapat memberikan peluang bagi pelaku usaha kecil dan menengah agar bangkit dan bisa memperbaiki usaha mereka di kala pendemi. Apalagi potensi di Malang Raya cukup besar yang merupakan destinasi wisata nasional, tentunya hal tersebut bisa mendorong perekonomian di jawa timur lebih meningkat.

Baca juga:

“Kalau sekarang ini tidak mengarah ke digital, bisnis mereka bisa hancur. Mau tidak mau dengan digitalisasi ini juga membuat konsumen beralih ke digital. Setidaknya ini bisa membantu pelaku usaha dalam memberikan dampak positif bagi bisnis mereka,”tambahnya.

Sementara itu, Chief People and Corporate Strategy Officer DANA, Agustina Samara mengatakan jika program Camelia ini sejalan dengan komitmen DANA yang terus mendukung penuh perempuan Indonesia dalam memperoleh akses ekonomi digital yang inklusif termasuk sektor UMKM.

“Selama masa pandemi, kami sadar bahwa digitalisasi makin dibutuhkan untuk menopang keberlangsungan UMKM melalui sinergi antar industri. Kerja sama ini tidak hanya dirasakan DANA sebagai perusahaan, tetapi juga karyawan yang akan terjun langsung untuk memberikan pelatihan dan mentransfer ilmu yang dimiliki agar UMKM Jawa Timur makin mandiri dan berdaya,” pungkas Agustina.

Perlu dikeathui program CAMELIA dilaksanakan sejak April 2021 sampai bulan Februari 2022 mendatang dan ditargetkan akan menjangkau 300 perempuan pengusaha mikro dan kecil di Malang Raya. Program ini memberikan rangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha; akses ke layanan lembaga keuangan formal dengan produk tabungan usaha dan pinjaman modal; serta peningkatan literasi keuangan dan literasi digital yang diperlukan untuk memperkuat bisnis, meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, dan membangun masa depan usaha yang lebih tangguh

 

 

 

Related Articles