ArsitekturIndustri KreatifPelaku Kreatif

Berkenalan Dengan Ebes Budi Fathoni, “Sang Penjaga” Arsitektur Heritage Kota Malang

Indiekraf.com – Sejak zaman Kolonial, Kota Malang memang dikenal sebagai kota yang spesial. Karena itu nyaris sama dengan Bandung, tata kota, dan pembangunannya pun langsung ditangani oleh arsitek – arsitek dari Belanda.

Hal tersebut tidak lepas dari posisi Malang yang strategis, sekaligus nyaman untuk tempat tinggal. Hal inilah yang membuat Malang juga dikenal dengan peninggalan bangunan klasik nya (heritage).

Baca Juga:

Menyadari pentingnya peninggalan tersebut, membuat seorang arsitek senior Budi Fathoni sejak lama sudah bergerak untuk sebisa mungkin menyelamatkan dan menjaga warisan arsitektur Malang dari masa penjajahan tersebut, yang lambat laun terus tergerus kemajuan zaman.

Ebes Budi yang juga Akademisi dari ITN tersebut, selalu menaruh perhatian lebih terkait penyelamatan bangunan – bangunan bersejarah dan klasik yang adai di Kota Pendidikan ini. Selain juga beliau menjaga warisan tersebut, juga dalam bentuk desain – desain yang ia terapkan dalam berbagai rumah dan bangunan karya nya, yang banyak bernuansa khas Malangan.

Sehat – sehat terus Ebes Budi Fathoni, semangat dan buah pemikiran mu selalu kami perlukan

Related Articles