Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Bingung Ongkir Yang Mahal, Pelaku UMKM Bisa Pakai Aplikasi Trawlbens

Indiekraf.com-Semenjak pandemi covid-19 ini, usaha kecil dan menengah atau UMKM makin menggeliat. Pemerintah pun juga terus mendorong tumbuhnya para pelaku usaha kecil dan menengah ini.

Namun geliat UMKM yang sedang tumbuh kembang ini, terkadang memunculkan permasalahan yang seringkali dihadapi oleh para pelaku UMKM yakni masalah ongkir atau ongkos kirim yang dirasa masih terlalu mahal.

Atas dasar itulah, Beni Syarifudin menemukan solusi yakni dengan mendirikan Trawlbens. Hadirnya Trawlbens ini cukup membantu perbaikan biaya logistik yang selama ini dikeluhkan oleh para pelaku usaha UMKM.

Beni Syarifudin, Founder sekaligus CEO Trawlbens mengatakan jika tarif merupakan isu krusial di industri logistik. Bukan rahasia umum, jika taif logistik di Tanah Air masih terbilang mahal, terutama di wilayah kabupaten atau daerah tingkat dua. Terkadang biaya pengiriman barang dari China ke Jakarta, jauh lebih murah jika dibandingkan Jakarta ke Makasar atau Jakarta ke Manado.

Baca juga:

“Jika disebut besaran ongkos kirimnya, semua pasti kaget. Ongkos pengiriman barang dari China ke Indonesia Cuma Rp 9000/kg. Tapi, ongkos kirim dari Jakrta ke Makasar bisa mencapai Rp 30 ribu/kg. Bahkan, dari Jakarta ke Manado bisa mencapai Rp60 ribu/kg. Jika hal ini dibiarkan, bagaimana mungkin UMKM bisa bersaing dan berkembang dengan ongkos kirim yang begitu mahal?”kata Beni melansir dari antaranews.com.

Tarif murah dan jujur tentunya menjadi komitmen yang utama bagi Trawlbens. Bahkan saat para pelaku usaha UMKM terkendala masalah logistik, Trawlbens hadir untuk memberikan solusi.

“Tarif murah dan jujur telah menjadi komitmensaya saat mendirikan Trawlbens tahun 2020. Bahkan ketika teman-teman pengusaha UMKM terkendala masalah logistik, terutama biaya logistik yang kurang ramah di kantong, kami hadir memberi solusi. Ini bukan janji tapi bukti,”ungkap Beni.

Untuk bisa mendapatkan tarif logistik murah dan jujur ini, para pelanggan tinggal mengunduh aplikasi Trawlbens di telepon pintar  kemudian daftar dan pilih layanan TrawlPack. Kemudian pilih kota tujuan, isi data barang dan pilih armada pengiriman. Terakhir pilih order.

Tak berselang lama, kurir Trawlbens akan datang menjemput barang yang ingin anda kirim. Penjemputan barang anda juga tanpa ada tambahan biaya alias gratis.

Baca juga:

Lewat aplikasi ini para pelanggan bisa membuktikan tarif murah ini. Untuk biaya pengiriman wilayah Jakarta dan kota besar di pulau Jawa hanya sebesar Rp 4000 sampai Rp 5000 per kilogram. Untuk biaya antar pulau mencapai Rp 7000 hingga Rp 10.000 per kilogram.

“Jadi sangat jauh sekali bedanya. Harga ini merupakan revolusi logistik, kami mengirim dengan penuh tanggung jawab. Harga murah, barang terjamin terkirim dengan aman. Ini bukan isapan jempol,”kata Beni.

Beni juga menegaskan bahwa aplikasi ini juga memperluas jangkauan skema alur bisnis logistik nasional. Sebelumnya skema logistik yang umum dipakai hanya dari produsen ke distributor atau retail.

Related Articles