Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Buka Kantor R&D di Surabaya, Ini Target Bukalapak

Sebagai e-commerce asli Indonesia, Bukalapak terus lakukan pengembangan di berbagai daerah di Tanah Air

Jawa Timur dinilai oleh salah satu unicorn asli Indonesia Bukalapak sebagai pasar potensial untuk penelitian dan pengembangan. Hal tersebut membuat startup e-commerce ini membuka kantor Reserch & Development nya yang kedua di Surabaya, setelah sebelumnya kantor yang sama mereka dirikan di Bandung Jawa Barat.

Seperti dilansir dari sellular.id,  kantor R&D ini ditujukan agar Bukalapak bisa mewadahi generasi millenial di Jawa Timur dan Surabaya pada khususunya untuk terus berinovasi dan bersiap menghadapi kompetisi teknologi secara global.

foto: Official IG Bukalapak

Bukalapak melihat, bahwa Jatim adalah wilayah dengan potensi talenta yang luar biasa mennjanjikan. Dengan jumlah mahasiswa sebanyak 132.196 dari 382 program studi tekni dari seluruh perguruan tinggi swasta dan negeri se Jatim. Hal inilah yang membuat Bukalapak memutuskan untuk membuka pusat pengembangan dan penelitiannya yang kedua di propinsi paling timur Pulau Jawa ini.

CEO dan Founder Bukalapak Achmad Zaky mengatakan bahwa Surabaya memiliki potensi besar menjadi kota digital. Sehingga untuk memfasilitasinya perlu media yang tepat, salah satunya dengan Kantor R&D Bukalapak.

 “Surabaya memiliki potensi talenta yang sangat besar untuk menjadi Kota Pahlawan Digital. Di Bukalapak sendiri terdapat banyak talenta lulusan dari universitas-universitas Jawa Timur, dimana 52% dari talenta-talenta tersebut berkarya di bidang IT sebagai engineer.” tutur Achmad Zaky.

Berbagai bidang yang akan menjadi fokus divisi R&D Bukalapak di Surabaya, adalah berbagai produk engineering, data, riset, IoT, dan kecerdasan buatan. Kantor ini diharapkan juga bisa memberikan suport bagi program pemerintah e-government yang kini digiatkan pemerintah Propinsi Jawa Timur.

Sebelumnya Bukalapak juga sudah melakukan kolaborasi dengan beberapa pemerintah di Jatim . Seperti misalnya layanan publik terintegrasi ‘BukaJatim’ dan Program Kampung Pemasaran Online Blitar.

Kantor baru Bukalapak di Surabaya ini berlokasi di Gedung Graha Pena. Dengan menempati lahan seluas 2.379 m2, kantor ini terdiri dari tiga lantai dan bisa ditempati lebihd ari 250 karyawan on site.

foto: Official IG Bukalapak

Disamping ruang kerja, Kantor R&D Bukalapak Surabaya juga diharapkan jadi sarana dan media berbagi antar komunitas di Surabaya, guna membuat ekosistem digital yang maju dan berkelas internasional.

“Kami akan terus menyebarkan semangat ini agar tercipta ekosistem industri digital secara menyeluruh dengan kualitas SDM yang mengedepankan riset”, tutup Achmad Zaky.

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Close