Desain Komunikasi VisualKabar KreatifSosokTak Berkategori

Daryl Wilson, Bersama Kumata Memajukan Animasi Lokal

Penulis: Annisa

Nama Daryl Wilson mungkin masih asing bagi sebagian orang namun tidak untuk orang-orang yang bergelut di dunia Animasi. Beliau adalah CEO dari PT Kumata Indonesia – Animation Studio salah satu studio pembuat film animasi lokal asal Bandung. Peran Daryl Wilson sebagai praktisi dalam dunia industri kreatif subsektor animasi dan juga keterlibatan beliau dalam asosiasi industri animasi berhasil membawanya menjadi ketua AINAKI (Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia) Bandung.

Daryl yang merupakan alumni ITENAS tahun 2004 mengembangkan Kumata Studio bersama dengan Ruben Adriano dan Asep Suryana. Dia telah bekerja sebagai director dan scriptwriter untuk berbagai macam produk komersial dan film animasi pendek. Perlu diketahui Kumata Studio merupakan studio yang telah menghasil berbagai karya yang cukup terkenal diantaranya Miles and Stones, Biggy Buddy, J-town dan yang terbaru adalah mereka dipercaya untuk memproduksi Si Juki The Movie, karya Faza Meonk. Bahkan salah satu karya mereka yang berjudul Miles and Stones pernah membawa mereka terpilih sebagai finalis dalam ajang internasional yaitu Seoul Promotional Plan (SSP) Project Competition pada tahun 2015 lalu di Seoul, Korea Selatan.

Miles and Stone, Kumata Studio, Animasi Indonesia
Film Animasi Miles and Stone

source: https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/30375/miles-and-stone-perjuangan-animasi-lokal-indonesia/

Si Juki The Movie, Kumata Studio, Animasi Indonesia
Film Animasi Si Juki The Movie

source: https://www.vidio.com/watch/1227181-bintang-movie-review-si-juki-the-movie

Daryl Wilson bersama AINAKI dan KOMINFO merumuskan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, khusus untuk di bidang ilmu Desain (Animasi). Hal ini sangat berguna tentunya bagi mahasiswa terutama dalam mempersiapkan keahlian mereka di area kerja yang sesuai dengan bidang keilmuannya. Animasi sendiri merupakan salah satu sub-sektor industri kreatif prioritas yang menjadi fokus untuk dikelola dan dikembangkan bersama dengan sub-sektor aplikasi dan game developer, dan sub-sektor musik. Disebut sebagai sub-sektor prioritas karena ketiga sub-sektor ini berperan sebagai penghela sektor ekonomi lainnya. Kumata Studio pernah diajak bekerjasama oleh Pemerintah Kota Cimahi untuk mengadakan kegiatan Pelatihan Animasi 2D di Technopark Cimahi. Pelatihan ini merupakan bagian dari Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Inkubasi Teknologi dan Bisnis bertajuk Inkubator Animasi dan Telematika 2018 yang dilaksanakan sebagai bentuk upaya Pemerintah Kota Cimahi dalam usaha mengembangkan SDM di bidang teknologi dan telematika.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close