Acara KreatifFesyenKabar Kreatif

Diskopindag dan Dekranasda Kota Malang Gelar  Festival Batik 2021

Indiekraf.com– Dalam rangka suasana hari ulang tahun kota Malang yang ke 107 tahun, pemerintah Kota Malang melalui Diskopindag dan Dekranasda menggelar event Malang Batik Festival 2021.

Event bergengsi itu dihelat di Gedung Kartini Kota Malang, Rabu-Kamis, 7-8 April 2021. Berbagai kegiatan menarik ada di dalamnya, seperti lomba fashion show, lomba desain, lomba desain masker, pameran UMKM dan juga workshop.

Ib-ibu forkopimda memamerkan batik karya designer kota Malang dalam Fashion show Festival Batik 2021 di hall Balai Kartini

Baca juga :

Walikota Malang Sutiaji yang turut hadir menyaksikan sangat mengapresiasi gelaran bergengsi di tengah pandemi ini. Sutiaji juga sangat mengapresiasi Diskopindag Kota Malang, OJK, BI dan bank-bank  lainnya yang berupaya membangkitkan ekonomi Kota Malang.

Dia sangat berharap untuk ke depannya batik khas Kota Malang bisa bersaing di pasar lokal hingga pasar global.

“Saya sangat mengapreasiasi apa yang dilakukan oleh diskopindag dan dekranasda ini, dan ini sesuai dengan komitmen Pemkot yang mana kita ingin menggerakkan recovery ekonomi, dan harapannya kegiatan ini akan bisa terus terlaksana,”kata Sutiaji Rabu (07/04/21).

Walikota MalangSutiaji sedang mencanting kain batik

Sutiaji juga menginginkan pameran batik seperti ini nantinya bisa mengangkat potensi batik yang ada di kota Malang sehingga kedepannya tidak hanya tampildi kota sendiri namun juga bisa tampil di pameran yang lebih besar lagi di luar negeri.

“Karena saat ini, batik selain menjadi ciri khas Indonesia,  negara-negara lain juga ikut menggemarinya. Jadi saya kira itu merupakan peluang yang kita miliki,” tutupnya.

Sementara itu, ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji mengatakan jika esensi dari Dekranasda adalah menggali, mengembangkan, dan melestarikan.

Baca juga :

“Tidak hanya fashion show saja yang kita laksanakan namun juga pameran seperti ini,”ungkap Widayati.

Lebih lanjut istri Walikota ini merasa optimis bahwa dunia fashion di Kota Malang tidak kalah dengan daerah lainnya. Hal itu terlihat dalam agenda fashion show Malang Batik Festival yang digelar di Hall Balai Kartini Malang, dimana para wanita dari forkopimda, akademisi,maupun beberapa perbankan yang ada di kota Malang meliak liuk diatas panggunguntuk memamerkan karya batik dari para desiger kota Malang.

Ibu-ibu Forkopimda saat fashion show

Dia juga mengatakan agenda tersebut bentuk peningkatan para pelaku IKM dan UKM batik Kota Malang.

“InsyaAllah Fashion di kota Malang tidak kalah dari daerah lain, bahkan di Nasional juga tak kalah. Bisa kita lihat tadi saat fashion show.Ini bentuk komitmen kami bagaimana meningkatkan para pelaku IKM dan UKM batik,”tutup Widayati.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button