Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKota Kreatif

Diskopindag Kota Malang Terus Optimalkan Digitalisasi UMKM

Indiekraf.com-Kondisi pandemi covid-19 yang masih ada hingga saat ini, begitu sangat memukul para pelaku usaha tak terkecuali pelaku usaha kecil dan menengah atau UMKM. Pemerintah pun sedang berupaya keras untuk bisa membantu memberikan solusi bagi para pelaku usaha kecil tersebut.

Sektor usaha kecil khususnya UMKM ini bakal digenjot terus agar tetap bertahan meski kondisi masih pandemi. Khusus di kota Malang, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan akan terus mengoptimalkan segala daya dan upaya agar kondisi perekonomian di Kota malang bisa segera pulih.

Menurut Kepala Diskopindag Kota Malang, M Sailendra ada tiga hal yang akan diselaraskan dengan pemerintah pusat, agar pemulihan ekonomi bisa berjalan dengan baik, diantaranya adalah peningkatan konsumsi dalam negeri, peningkatan aktifitas dunia usaha dan stabilisasi ekonomi serta ekspansi moneter.

Baca juga:

Lebih lanjut Sailendra mengatakan ada beberapa program bantuan untuk sektor UMKM seperti  BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), selain itu ada fasilitas kredit usaha rakyat.

Guna menguatkan hal tersebut, pengoptimalan digitalisasi bakal terus ditingkatkan,hal itu bakal sangat membantu mengenalkan produk lokal secara luas.

“Juga digitalisasi pemasaran dengan e-commerce di sektor perdagangan, Sehingga produk lokal lebih dikenal luas,”kata M Sailendra Kepala Diskopindag kota malang, mengutip dari malangtimes.com.

Agar program pemasaran dengan cara digitalisasi tersebut  bisa berjalan dengan optimal, setidaknya ada tiga hal yang harus juga dijalankan yakni dengan cara inovasi, kolaborasi dan adaptasi.

“Dengan kolaborasi semua stakeholder, bergandengan tangan menghadapi pandemi bisa lebih kuat menghadapi kesulitan ekonomi”,pungkas Sailendra.

Related Articles