Acara KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifPelaku Kreatif

Heboh! Elon Musk Lakukan Percobaan Menanamkan Cip Komputer ke Otak Makhluk Hidup

Indiekraf.com – Elon Musk telah menciptakan “kemajuan” besar dalam dunia ilmu pengetahuan. Pada akhir bulan Agustus kemarin, Neuralink, startup yang Ia didirikan telah berhasil memamerkan seekor babi yang memiliki chip komputer di otaknya. Proyek ini merupakan langkah awal untuk membuat sebuah alat yang bisa menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan saraf.

Baca juga Ini Prediksi Perkembangan Dunia Digital di 10 Tahun Mendatang

Neuralink didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2016 bersama dengan 2 startup miliknya yang lain yakni Tesla Inc dan SpaceX. Neuralink yang berbasis di San Francisco ini memiliki tujuan besar untuk menanamkan cip komputer (wireless brain-computer interfaces) yang memiliki ribuan elektroda di organ paling kompleks manusia yaitu otak. Cip komputer tersebut nantinya akan berguna untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti Alzheimer, demensia, dengan memanfaatkan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Dikutip dari cbc.co, Elon Musk sangat yakin bahwa proyek ini akan berhasil dan bermanfaat bagi umat manusia kedepanya. Penyakit seperti Alzheimer, kehilangan ingatan, depresi, dan insomnia dimasa depan akan bisa segera disembuhkan.

“An implantable device can actually solve these problems,”

“Perangkat implan ini benar-benar bisa menyelesaikan masalah tersebut,” ujar Elon.

Baca  juga Saat Ini Cara Menghapus Kenangan Buruk Sedang Diteliti, Kamu Tertarik Mencoba?

Pada tahap awal ini, Neuralink telah berhasil menanamkan cip komputer buatanya di otak babi. Mereka telah melakukan penelitian selama 2 bulan setelah cip itu ditanamkan sebelum dipamerkan kepada publik. Masih terdapat beberapa penelitian lagi yang harus dilakukan sebelum melakukan uji coba proyek tersebut ke manusia.

Elon Musk belum memberikan waktu yang pasti, namun kemungkinan bahwa uji coba pada manusia akan mundur dari pernyataan sebelumnya yang mengatakan akan dilakukan pada akhir tahun ini. Uji klinis pertama Neuralink dengan sejumlah kecil pasien manusia akan bertujuann untuk mengobati kelumpuhan atau paraplegia.

Para Ahli Saraf yang tidak berafiliasi dengan perusahaan Neuralink mengatakan bahwa proyek menanamkan cip komputer ke otak babi tersebut menunjukkan bahwa Neuralink telah membuat langkah besar. Tetapi, mereka tetap memperingatkan bahwa masih diperlukan studi yang lebih lama agar proyek tersebut bisa sempurna.

Penulis : Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Elon Musk’s Neuralink puts computer chips in animal brains

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button