Acara KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

IBL 2021 Mulai Lagi: Terdapat Dua Fase di Tempat Berbeda

Indiekraf.com – Sebelumnya, Indonesian Basketball League (IBL) 2021 sempat terpaksa batal pelaksanaanya. Hal itu terjadi lantaran kebijakan Pemerintah dalam rangka penanganan kasus COVID-19 di Tanah Air. Adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memaksa ajang ini untuk ditunda. Namun kini, IBL 2021 mulai lagi lho! Kapan dan seperti apa pelaksanaannya nanti?

IBL 2021 Mulai Lagi: Terdapat Dua Fase di Tempat Berbeda
Sumber : Instagram @iblindonesia

IBL 2021 Mulai Lagi Setelah Terpaksa Berhenti Tahun Lalu

Kabar baik datang dari dunia olahraga, khususnya basket Tanah Air. Kini kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2021 kembali diizinkan untuk bergulir. Dimulai kembalinya kompetisi ini menjadi perbincangan hangat terutama dari para penggemar basket. 

IBL 2021 mulai lagi di tanggal 10 Maret 2021 mendatang. Sebelumnya, IBL sudah pernah berhenti pada bulan Maret 2020 lalu. Hal ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam penanganan kasus COVID-19. Setelah itu, pihak IBL beberapa kali memaparkan wacana untuk menggulirkan kembali kompetisi tersebut di masa pandemi. Namun, hal ini belum berbuah baik lantaran adanya kendala dalam mendapatkan izin dari pihak kepolisian.

IBL dan Perbasi Fokus Mempersiapkan Kompetisi di Tahun Ini 

Di tahun lalu, IBL sempat ingin menggelar kompetisi dengan sistem bubble, terpusat di satu wilayah saja. Rencana yang mulanya ingin digelar pada Oktober 2020 lalu terpaksa gagal. Akhirnya, musim 2021 terpaksa berhenti tanpa juara. Kini IBL dan Perbasi fokus untuk mempersiapkan kompetisi di tahun ini.

Jika sesuai dengan rencana sebelumnya, IBL seharusnya digelar pada 15 Januari sampai 22 Maret 2021. Akan tetapi, pandemi COVID-19 sedang menanjak kasusnya kala itu sehingga berujung pada penundaan kembali. Pada akhirnya, pihak kepolisian memberikan izin untuk penyelenggaraan IBL 2021 dihelat pada 10 Maret 2021.

IBL 2021 Digelar dengan Dua Fase dan Tempat Berbeda

IBL 2021 mulai lagi dengan cara yang cukup berbeda. Kini mereka akan melangsungkan dua fase dan dihelat dalam dua tempat berbeda dengan sistem bubble. Sistem bubble yang dimaksud adalah semua terpusat pada satu tempat. Pada fase pertama atau babak reguler akan dilangsungkan pada 10 Maret hingga 10 April di Robinson Cisarua Resort. Babak tersebut akan berlangsung selama empat seri.

Sedangkan fase kedua akan meliputi babak playoff, semifinal dan final. Tempatnya akan berlangsung di Mahaka Square Arena Kelapa Gading, Jakarta Utara. Fase kedua ini akan berlangsung mulai 23 Mei sampai 6 Juni 2021 mendatang.

Baca Juga Duh! IBL 2021 Tak Jadi Dilaksanakan: Kepentok PPKM Jawa-Bali

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button