Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKreatif TourismKulinerWisata Kreatif

Indonesia Spice Up The World: Buka Peluang Indonesia di Kuliner Dunia

Indiekraf.com – Program terbaru dari pemerintah kini hadir untuk memasarkan kuliner Indonesia. ‘Indonesia Spice Up The World’ jadi tajuk dari program ini. Sebagai program pemerintah, pihak terlibat mengupayakan adanya perluasan pemasaran produk bumbu hingga pangan olahan asal Tanah Air. Seperti apa sih keseruan program ini?

Indonesia Spice Up The World: Buka Peluang Indonesia di Kuliner Dunia

Acara Indonesia Spice Up The World sendiri merupakan program utama dari pemerintah dalam upaya memperluas pemasaran produk Tanah Air. Beberapa produk tersebut antara lain adalah produk bumbu atau pangan olahan hingga rempah asal Indonesia. Dalam Weekly Press Briefing, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut membahas keberlangsungan program ini.

Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan bahwa acara ini diharap bisa membuka peluang ke industri kuliner dunia. Pihaknya sendiri mendukung adanya program tersebut. “Program ini sudah dirancang dengan baik sejak lama. Ini adalah pilihan, ditunda atau dijalankan dengan adaptasi. Adaptasi ini yang saya ambil sebagai langkah untuk memastikan pemulihan ekonomi kita tidak tertunda. Bahwa kita tidak akan sepenuhnya hadir secara fisik, tapi hybrid,” jelasnya.

Indonesia Spice Up The World Sebagai Upaya Tingkatkan Ekspor Rempah

Menurut data yang dipaparkan oleh Sandiaga, nilai ekspor dari bumbu olahan dan rempah segar tengah mengalami tren positif. Hal ini tercatat dari tren pertumbuhan sebesar 2,95 persen dalam lima tahun terakhir. Harapannya, ‘Indonesia Spice Up The World’ mampu meningkatkan nilai ekspor bumbu tersebut. 

“Pelaku parekraf kita butuh pasar di luar negeri, mereka harapkan bahwa pandemi ini bisa membuka peluang-peluang rempah Indonesia untuk berkembang. Kita tidak boleh menurunkan semangat dan persiapan agar pelaku ekonomi kreatif, terutama UMKM kita bela. Kita harus hadir dan mereka butuh pasar ini,” tambah Sandiaga.

Delegasi Kemenparekraf dalam Program Tersebut

Ternyata, Kemenparekraf telah mengirimkan delegasi mereka untuk mengikuti rangkaian ‘Indonesia Spice Up The World’. Hal tersebut diyakini sebagai langkah awal dari program tersebut untuk melakukan koordinasi dengan KBRI dan KJRI di New York. Selain itu, diperkirakan adanya upaya untuk menguatkan jejaring dengan pertemuan dengan para penggiat kuliner, pengusaha restoran hingag importir bumbu.

Baca Juga 5 Film Horor Thailand yang Wajib Ditonton di 2021

Related Articles