Aplikasi Digital dan GameIndustri Kreatif

Instagram Bakal “Merapikan” Feed Dengan Fitur Baru Ini

Indiekraf.com-Instagram diam-diam dikabarkan sedang menguji coba solusi anyar mereka untuk ‘merapikan’ urutan Feed agar lebih sesuai timeline. Fitur ini disebut-sebut bernama “Favorites.”

Fitur ini pertama kali ditemukan pengembang aplikasi mobile Alessandro Paluzzi, yang mengunggah beberapa screenshot fitur Favorites Instagram ini ke akun Twitternya

Fitur Favorites ini fungsinya untuk mengkategorikan akun-akun yang kita rasa sangat  menarik sebagai prioritas, sehingga postingan pengguna akan muncul lebih atas di laman Feed atau Home pengguna.

Pada 2017 silam Instagram sempat menguji coba fitur ini dan cukup familiar, di mana pengguna bisa membatasi jumlah audiens untuk tiap postingan. Contohnya, jika kalian mengunggah foto pernikahan hanya untuk akun-akun di dalam Favorites tersebut, maka hanya mereka yang dapat melihatnya.

Baca juga:

Sementara Favorites di tahun ini kabarnya hadir untuk memberikan kendali lebih banyak di Feed Instagram. Mau sebanyak apapun akun yang diikuti, mulai dari brand terkenal hingga kreator digital, mungkin saja fitur Favorites ini akan berguna untuk memasukkan orang-orang terdekat agar postingan mereka tidak tertimbun.

Selama ini, algoritma Instagram menyajikan urutan Feed berdasarkan postingan terbaru dari orang-orang yang kita ikuti. Apabila kita menyukai beberapa postingan yang kita lihat, bisa jadi itu bukan konten yang selama ini kita cari. Hal inilah yang memberikan ‘sinyal’ keliru ke Instagram mengenai hal-hal yang sebenarnya ingin kita konsumsi atau lihat sehari-hari di Feed.

Meskipun telah bocor, namun hinga saat ini belum ada kepastian dari pihak Instagram, kira-kira fitur Favorites ini kapan akan menjadi fitur resmi di Instagram, menarik untuk dinanti.

Related Articles