Industri KreatifKabar Kreatif

Kabar Gembira! Pemerintah Siapkan Pinjaman Tanpa Bunga Sebesar 2 Juta untuk Ibu Rumah Tangga

Indiekraf.com – Kabar gembira datang dari Pemerintah yang saat ini telah merencanakan untuk memberikan bantuan pinjaman modal untuk ibu rumah tangga. Bantuan tersebut berupa kredit modal kerja tanpa bunga dengan nominal sebesar 2 juta rupiah untuk setiap orang.

Dikutip dari kontan.co.id, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi dan Keuangan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir mengatakan bahwa rencana tersebut masih dalam proses pembahasan. Bantuan tersebut akan ditujukan untuk para ibu rumah tangga yang memiliki usaha mikro dan pegawai yang terkena PHK dari perusahaan.

“Intinya kredit UMKM tersebut adalah kredit lunak yang terutama ditujukan untuk pegawai yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang ingin berusaha dan ibu rumah tangga yang melakukan usaha mikro,” ujar Iskandar.

Baca juga Wuuih, Unilever Indonesia Siap Bantu Modal UMKM, Gimana Syaratnya?

Salah satu tujuan dari bantuan tersebut adalah untuk memulihkan keadaan ekonomi nasional yang menurun akibat dampak dari pandemi Covid-19. Pemerintah juga telah menyiapkan anggaran sekitar 30 triliun rupiah untuk program bantuan sosial (Bansos). Rencananya, bantuan tersebut akan disalurkan kepada 12 juta usaha kecil yang ada di Indonesia. Bansos tersebut akan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan nilai sebesar 2,4 juta rupiah untuk setiap usaha kecil.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa pemerintah saat ini fokus untuk membangkitkan ekonomi usaha kecil yang belum terjangkau oleh bank.

“Saat ini pemerintah memusatkan perhatianya di kelas ini. Sekarang pemerintah memberikan bansos produktif, dan kredit Rp 2 juta tanpa bunga, untuk usaha ultra mikro yang belum bankable,” ujar Sri Mulyani.

Bantuan dari pemerintah tersebut rencananya akan disalurkan melalui lembaga seperti koperasi, pegadaian, Mekar, atau berbagai PNM, dan Bank Wakaf. Setiap pengusaha yang ingin mendapatkan bantuan tersebut diharapkan telah menggunakan atau mendaftarkan usaha mereka ke lembaga tersebut.

“Mereka ini mayoritas perempuan jumlah perusahaannya unit usaha mencapai 6,2 juta. Mereka tidak mengakses kepada bank, tapi langsung kepada para pemberi pinjaman yang menggunakan dana pemerintah tersebut,” tambah Sri Mulyani.

Baca juga Harapan Besar Usaha Mikro Bisa Gandeng Digital Agency Dalam Meningkatkan Penjualan

Bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah kepada para pengusaha yang membutuhkan tersebut diharapkan dapat dimaksimalkan dengan baik. Selain untuk membantu kebutuhan sehari – hari, bantuan tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan usaha mereka. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bantuan tersebut untuk kegiatan promosi. Dengan melakukan promosi, usaha mereka akan bisa diketahui oleh masyarakat luas. Dengan begitu, peluang masyarakat untuk membeli produk dari usaha mereka akan semakin besar.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Selamat, pemerintah akan beri bantuan modal kerja Rp 2 juta untuk ibu rumah tangga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button