Tips Kreatif

Kehabisan Ide Saat Menulis di Bulan Ramadhan? Lakukan 7 Aktivitas Ini!

Menulis merupakan aktivitas aktif produktif yang melibatkan banyak komponen terutama otak.

Indiekraf.com | Menulis merupakan aktivitas aktif produktif yang melibatkan banyak komponen terutama otak. Saat menulis, otak aktif berkreasi untuk terus menghasilkan ide yang kemudian dituangkan melalui tulisan. Meski tampak sepele, tapi menulis ternyata juga membutuhkan skill tersendiri. 

Di masa sekarang, tulisan bukan sekadar ungkapan dear diary atau ungkapan perasaan sehari-hari. Lebih dari itu, tulisan punya sisi komersial yang menggiurkan. Lihat saja bagaimana para blogger handal bisa menghasilkan uang melalui tulisan mereka. 

Untuk bisa menghasilkan tulisan berkualitas, mesti dilalui dengan proses latihan secara terus menerus. Ada kalanya Anda mengalami kebuntuan dalam menemukan ide menulis. Pada fase itu entah kenapa rasanya sulit menemukan inspirasi yang pas sebagai bahan tulisan. Tentu saja fenomena ini adalah hal yang wajar. Sebab saat menulis Anda perlu memilah tema apa yang unik dan mampu menarik banyak pembaca. Lantas apa yang harus dilakukan saat kesulitan menemukan ide menulis? 7 tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda.

1. Cobalah untuk membaca

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk bisa menghasilkan output berupa tulisan, pertama-tama harus ada input yang masuk ke otak. Pintu utamanya adalah dengan membaca. Ide menulis akan muncul seiring dengan makin banyaknya referensi yang dibaca. 

Bacalah apapun, buku, koran, novel, majalah, portal berita online. Sebab inspirasi bisa datang dari mana saja. Maksimalkan waktu luang dengan membaca. Awali dengan membuka situs-situs favorit Anda, cari topik-topik yang disukai agar mood membaca naik. Selanjutnya cobalah membaca bacaan yang lebih kompleks dan lebih analitis. Tidak masalah jika banyak istilah atau bahasan yang kurang dipahami, terus saja membaca. Dengan begitu, Anda akan terdorong untuk mencari maksud bacaan itu, mungkin Anda akan membuka kamus, atau mungkin browsing. Aktivitas ini akan menambah kosakata dan akhirnya berpeluang untuk menciptakan ide menulis yang beragam.

2. Tonton Video yang Bermanfaat

Bisa jadi Anda jenuh melihat barisan-barisan tulisan sepanjang hari. Anda membutuhkan referensi visual yang lebih real. Menonton acara televisi, streaming youtube bisa jadi pilihan. Tapi ingat, carilah tayangan yang mampu menambah ilmu dan wawasan Anda. Pilih video yang sekiranya setelah menontonnya, Anda akan punya pengetahuan baru tentang suatu hal.

3. Cari Suasana Baru

Tips ketiga untuk mendapatkan ide menulis adalah cari suasana baru. Barangkali Anda bosan dengan pemandangan di sekeliling Anda yang itu-itu saja. Coba tutup sejenak laptop Anda, keluarlah dari ruangan. Hirup udara segar. Cari spot baru ketika menulis.  

4. Diskusi dengan teman

Tidak melulu datang dari diri sendiri, ide menulis juga bisa muncul berkat diskusi dengan teman. Dengan bertukar pikiran, otak akan lebih kaya ide yang mungkin sebelumnya tidak terbersit sama sekali. Anda bisa punya banyak sudut pandang saat menghadapi satu case. Tidak jarang, ide menulis bisa muncul selepas mendengarkan argumen orang lain. Anda juga bisa meminta pendapat, saran dan masukan teman-teman terhadap bahan yang akan ditulis. 

5. Segera Tulis jika Menemukan Inspirasi

Ide menulis bisa saja tiba-tiba terlintas di kepala sesaat setelah memandang atau melakukan sesuatu. Nah, agar tidak lekas hilang, biasakanlah untuk segera mencatat ide menulis itu. Jika tidak sempat mengeluarkan alat tulis, catat saja di notes ponsel, atau apabila benar-benar waktunya sempit, rekam saja suara Anda. Sayang sekali, kan kalau inspirasi yang segar itu hanya menguap begitu saja tanpa eksekusi?

6. Manfaatkan Sosmed untuk Simak Trend Terkini 

Tidak melulu membaca buku, Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai sumber inspirasi. Sosial media juga bisa jadi sumber ide menulis. Tidak percaya? Sekarang coba buka salah satu akun sosmed Anda. Pantau apa yang sedang trend sekarang. Sudah ketemu? Nah, sekarang itu adalah topik yang sangat menarik untuk disulap menjadi tulisan yang mengagumkan. 

7. Istirahat jika penat

Rileks. Anda butuh refreshing meski sebentar. Jangan terlalu memforsir otak untuk terus berpikir. Jika memang sungguh-sungguh lelah, ambillah waktu break sejenak. Rutinitas sehari-hari memang kadang menjenuhkan. Lakukanlah aktivitas lain yang bisa menaikkan mood agar segar kembali. Jika sudah fresh, ide menulis biasanya akan lebih mudah muncul.

Pembaca senang dengan hal-hal baru. Jangan malas untuk selalu mengeksplor banyak pengetahuan baru agar bisa terus menyajikan tulisan yang up to date. Selain itu, sejatinya menulis itu adalah proses yang mesti dilakukan secara terus menerus. Oleh karena itu, perlu konsisten dan terus berlatih agar bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas dan menemukan gaya/style tulisan sendiri sebagai ciri khas, pembeda dari tulisan milik orang lain.

Penulis : 

Lisa Novita Sari
Content Marketing Labs (cmlabs.co)
in Collaboration with @indiekraf

Baca Juga :

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button