fbpx
Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDesain ProdukDigital KreatifFesyenIndustri KreatifKabar KreatifSeni PertunjukanSeni Rupa

Keren! Jakarta Fashion Week 2021 Akan Bisa Dinikmati Lewat TikTok

Indiekraf.com – Di tengah pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai, Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 kini mengusung ide baru. Keadaan seperti sekarang membuat mereka terus berinovasi agar bisa beradaptasi dengan situasi hingga teknologi. JFW 2021 pun akhirnya digelar secara virtual dengan hal menarik didalamnya.

Pagelaran fashion show yang biasanya diselenggarakan offline tersebut kini bekerjasama dengan platform video di media sosial yaitu TikTok. Hal itu mengundang antusiasme penikmat seni lantaran konten fashion juga merupakan salah satu konten yang populer di platform video tersebut. Tak hanya dinikmati di Indonesia, konten ini bahkan juga tenar di seluruh dunia.

Head of User and Content Operations TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra, menjelaskan perihal inovasi unik ini. Ia mengkonfirmasi bahwa kerjasama TikTok dengan JFW diharap bisa membantu perkembangan industri fesyen di Indonesia. Keputusan kerjasama antara JFW dengan TikTok juga merupakan cara untuk bisa melakukan pendekatan yang autentik serta didorong oleh komunitas yang ada di dalam platform TikTok. Diharapkan, hal ini bisa menjadikan TikTok sebagai salah satu wadah untuk menunjukkan seni, kreativitas hingga kepribadian seseorang dalam cara yang unik.

Baca Juga Dekranasda Fair 2019, Ajang Pelaku UMKM Pamerkan Produk Lokal Unggulan Kota Malang

Angga juga mengatakan bahwa kreativitas dari pengguna TikTok memang menjadi hal yang bisa dimanfaatkan oleh para brand fesyen, entah sebagai platform untuk menyampaikan pesan dari brand terkait, untuk memasarkan koleksi terbaru sampai dengan mencari muse untuk desain brand tersebut. “Kami melihat bagaimana industri fesyen menemukan berinteraksi dengan komunitas kreatif yang ada di TikTok selama masa pandemi, dan mendorong kreativitas pengguna untuk menghadirkan fesyen papan atas dari rumah mereka masing-masing,” jelas Angga.

Di sisi lain, kolaborasi dari Tik Tok dengan JFW bisa mendorong industri fashion Tanah Air yang saat ini mengalami keterpurukan dan dampak besar akibat pandemi COVID-19. Dikutip dari Urbanasia, laporan dari Bain & Company menyebutkan bahwa kerugian dari bisnis fesyen diprediksi akan mencapai sebanyak 60 persen akibat pandemi ini. “Hampir semua di dunia ini terkena dampak, terutama untuk industri kreatif Indonesia, khususnya di dunia fesyen. JFW ini tetap mengadakan JFW 2021. Kami ingin mendorong fashion lokal tak kalah dengan brand luar. Caranya dengan TikTok memberikan exposure, agar khalayak menghargai brand lokal,” terang Subkhan J. Hakim selaku Chief Content Officer JFW.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button