Industri KreatifKuliner

Keripik Pisang Bang Zay Asal Malang yang Sudah Mendunia

Indiekraf.com – Berawal dari kesulitan ekonomi, membawa  seorang Zainal Efendi  terus mengolah asa dan rasa dalam berkreasi dan berhasil menciptakan keripik pisang berkualitas, yang pemasarannya saat ini sudah merambah pasar internasional.

Sebelum akhirnya menemukan keripik pisang sebagai jalan kesuksesannya, Zainal sudah terlebih dahulu mencoba berbagai bidang usaha. Mulai dari berjualan dawet keliling, hingga menjadi  anggota tim sukses caleg pada tahun 2014 yang lalu.

Merasakan kegalauan dengan kondisi ekonomi tidak menentu, justru akhirnya membuat sang istri memutuskan menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) ke luar negeri, situasi ini semakin membuat Zainal terus berusaha dan memutar otak.

BACA JUGA:

Hingga akhirnya  ia memutuskan untuk mengikuti sebuah pelatihan membuat keripik. Dengan modal Rp 50 ribu lah, perjalanan kesuksesan keripik pisang Bang Zay dari Sukun ini pun di mulai. Setelah melalui banyak percobaan dan berbagai pelatihan akhirnya Zainal pun berhasil menemukan formulasi keripik pisang yang disukai dan digemari oleh masyarakat, hingga sukses seperti sekarang ini.

Uniknya, nama Bang Zay sendiri diberikan oleh salah satu pengusaha sukses multi nasional Dahlan Iskan, saat mencoba keripik pisang Zainal di salah satu pameran. Akhirnya nama tersebutlah yang dipatenkan untuk produk yang sudah mampu berbicara banyak di pasar internasional seperti di Malaysia ini.

Mencapai titik kesuksesan tidak membuat seorang Zainal berhenti berinovasi dan berkreativitas. Saat ini dengan brand andalan ‘Bang Zay’, ia terus membuat berbagai produk olahan dan keripik yang lain, sehingga terus mampu memiliki daya saing global, salah satunya adalah Abon Lele yang kini banyak diburu penggemar kuliner karena kelezatan rasanya.

Related Articles