Kabar KreatifTak Berkategori

Rancang RUU Ekonomi Kreatif, Komisi X DPR RI Kunjungi Stakeholder Kreatif Kota Malang

Kunjungan tersebut bermaksud untuk mendapatkan informasi dan masukan untuk RUU Ekonomi Kreatif dan pembangunan ekosistem ekonomi kreatif Kota Malang dan Jawa Timur.

Indiekraf | Malang Creative Fusion – Komisi X DPR RI mengunjungi Rumah MCF beserta Stakeholder Ekonomi Kreatif Kota Malang, selasa (19/3) kemarin.)

Perwakilan DPR RI mengunjungi ruang IT Mbois MCF – Foto : Malang Creative Fusion

Kunjungan tersebut bermaksud untuk mendapatkan informasi dan masukan untuk RUU Ekonomi Kreatif. Serta pembangunan ekosistem ekonomi kreatif Kota Malang dan Jawa Timur.

Kunjungan diawali dengan pertemuan di Ruang Kerja Balaikota Malang yang dihadiri oleh Wakil Walikota Malang, Ketua Komisi X DPR RI besera jajarannya, perwakilan BEKRAF, SEKDA Kota Malang, perwakilan dari perguruan tinggi, perwakilan komunitas MCF, serta perangkat SKPD.

Tim Sinergi dan Jejaring MCF menyambut dengan hangat kedatangan sejumlah anggota komisi X DPR RI. Tidak hanya berkunjung, seluruh anggota komisi X DPR RI juga menjelajahi semua ruangan di Rumah MCF, serta melihat dan membeli produk yang ada di MKKM ( Malang Koperasi Kreatif Mbois ).

Badan Promosi MCF, Dadik Wahyu menjelaskan tentang program – program MCF baik yang sudah dilakukan dan rencana kedepan. Salah satunya, MCF sedang menginisiasi forum investor dengan DPMPTSP untuk melengkapi ekosistem di Kota Malang.

Ketua Komisi X DPR RI, Djoko Udjianto menyampaikan ekonomi kreatif saat ini sudah menjadi penyumbang utama ekonomi bangsa. Menggeser sektor migas dan industri, serta ekonomi berbasis kreatifitas terbukti lebih tahan krisis.

Djoko berharap RUU Ekonomi Kreatif yang baru bisa memberi penguatan untuk ekonomi kreatif untuk meningkatkan kontribusi ekonomi nasional. Serta terkait pendukung pemerintah dalam RUU akan mengatur kemudahan regulasi, permodalan, infrastruktur, dan HKI.

Kunjungan Komisi X DPR ke Balaikota Malang

Baca Juga : Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sambut Baik Perkembangan Ekonomi Kreatif di 2019

Adapun Poin poin kesepakatan yang didapat dari kunjungan kemarin adalah sebagai berikut:

  1. Keseriusan Pemkot Malang tunjukan mulai dg keikutsertaan kota Malang sebagai penyelenggaran ICCF 2016. Dilanjutkan dengan Pembuatan roadmap indutri kreatif yang disahkan walikota dan masuk dalam RPJMD,Turut Membangun ekosistem dan penyediaan infrastruktur dengan wacana Pemerintah kota akan membangun Creative Center dengan investasi 185 Miliar Rupiah.
  2. Support pemerintah dengan membuat peraturan yg lebih detail untuk pengembamgan industri kreatif yg berasal dari pusat dan di ikuti anggaran yg spesifik dari pusat untuk dikerjakan didaerah.
  3. Ekonomi kreatif saat ini sudah menjadi penyumbang utama ekonomi bangsa menggeser sektor migas dan industri. Ekonomi basis kreatifitas terbukti lebih tahan krisis
  4. Rancangan RUU yg baru berharap bisa memberi pengutan untuk ekonomi kreatif untuk meningkatkan kontribusi ekonomi nasional. Terkait pendukung pemerintah dalam RUU akan mengatur kemudahan regulasi, permodalan, infrastruktur dan HKI.

 

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close