Acara KreatifIndustri KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Kunjungi Cafe Sawah Pujon Kidul, Menparekraf Sandiaga Uno Promosikan Anugrah Desa Wisata Indonesia

Indiekraf.com-Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara resmi mempromosikan  Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 di Desa wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Sabtu (22/05).

Desa Wisata Pujon Kidul dipilih sebagai lokasi promosi, menurut Sandiaga lantaran desa PujonKidul dinilai telah berhasil bertransformasi menjadi desa yang lebih maju dan mampu menjadikan sebagai destinasi wisata dan mampu memberikan peluang kerja bagi warga desanya sendiri.

Baca juga:

“Kita bisa lihat dari dekat, bagaimana desa wisata Pujon Kidul ini mampu menjadi wisata desa berkelanjutan  dan layak menjadi desa wisata percontohan bagi desa lainnya di seluruh Indonesia,”kata Sandiaga Uno.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan jika Anugerah Desa Wisata Indonesia merupakan salah satu program unggulan guna meningkatkan ketrampilan masyarakat desa ditengah pandemi Covid-19. Sandi berharap 57 ribu desa di Indonesia tertarik untuk mendaftarkan desanya kedalam program Anugerah Desa Wisata itu.

“Selain itu juga bisa memberi motivasi pada desa-desa yang lain, agar giat mengembangkan potensi desanya untuk dijadikan sebagai roda penggerak ekonomi masyarakat desa,”tambah Sandiaga.

Masih kata Sandiaga, melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia, setidaknya ada 700 desa yang masuk kedalam data wisata desa Indonesia. Anugerah bergengsi bagi desa itu sendiri menurut Sandiaga terdiri dari 7 kategori penilaian, diantaranya Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE), desa digital, suvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet.

Baca juga:

“Kita berharap, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini,dapat menjadi daya ungkit ekonomi masyarakat desa dengan promosi soal potensi desa yang dimiliki, dan mendorong daerah untuk menciptakan desa wisata baru untuk membangkitkan perekonomian desa, dan mampu menjadikan desa wisata menjadi sebuah destinasi berkelas dan berdaya saing,”pungkas Sandiaga.

Related Articles