Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar Kreatif

Luncurkan Fitur Baru Reels, Instagram Bertekad Geser Dominasi Tik Tok?

Indiekraf.com – Platform camera dan editing video berbasis media sosial, Tiktok, saat ini telah memiliki masa depan yang “berliku”. Hal ini dikarenakan adanya isu pemblokiran TikTok di negara besar seperti India dan Amerika. Padahal platform ini telah memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif di dunia. Adanya isu tersebut memberikan kesempatan kepada Instagram untuk menyukseskan fitur baru mereka untuk bisa merebut pasa aplikasi asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Baca juga Serasa Punya Asisten Pribadi, Ini Dia Fitur Grab Assistant!

Saat ini, Instagram telah mengeluarkan fitur baru mereka yang bernama Reels. Hampir mirip dengan TikTok, fitur ini memungkinkan orang untuk membuat video pendek dengan musik yang telah disediakan. Para pengguna Reels dapat membuat video hingga 15 detik dan menambahkan musik populer didalamnya. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna menambahkan filter dan efek yang bisa mereka pilih. Reels bukanlah aplikasi baru buatan Instagram, sehingga bisa langsung digunakan melalui aplikasi Instagram.

Fitur ini telah diluncurkan Instagram secara resmi di lebih dari 50 negara meliputi Amerika, Inggris, Jepang, dan Australia. Dikutip dari media theverge.com, Robby Stein, Product Director dari Instagram mengatakan bahwa Reels berbeda dengan TikTok.

Sumber Gambar via Instagram (instagram.com)
Sumber Gambar via Instagram (instagram.com)

“I think TikTok deserves a ton of credit for popularizing formats in this space, and it’s just great work. But at the end of the day, no two products are exactly alike, and ours are not either.”

“Saya kira TikTok berhak mendapatkan banyak pujian untuk mempopulerkan format hiburan baru di dunia, dan itu adalah kerja bagus. Tapi, pada akhirnya tidak ada dua produk yang benar-benar sama, begitupula dengan produk kami.” ujar Robby.

Momen seperti ini hampir mirip ketika Instagram mengeluarkan fitur Stories pada tahun 2016 yang mirip dengan Snapchat. Fitur Stories bahkan meraih kesuksesan besar.

“very similar feedback when we launched Stories.”

“Momen ini sangat mirip ketika kami meluncurkan fitur Stories.” tambahnya.

Kisah kesuksesan Stories adalah salah satu alasan kuat mengapa Instgaram mengeluarkan fitur baru mereka yaitu Reels. Fokus strategi utama Instagram saat ini adalah terus membuat “easy-to-use technology” sehingga teknologi tersebut bisa digunakan oleh semua orang.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Instagram launches Reels, its attempt to keep you off TikTok

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close