Industri KreatifKabar KreatifKota Kreatif

Mahasiswa ITN Malang Ciptakan Mesin Penanam Padi Dengan Kendali Remot

Indiekraf.com-Ada masalah di lapangan lalu menciptakan solusi terhadap masalah tersebut, mungkin itulah yang dilakukan oleh dua orang mahasiswa D3 jurusan teknik mesin Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, yakni Rian Fahmi Azizi dan Mochammad Febri Santoso dengan menciptakan mesin penanam padi dengan metodi pengendali jarak jauh.

Menurut Rian Fahmi, diciptakannya mesin penanam padi otomatis ini berawal karena kasihan saat melihat orang tuanya yang berprofesi sebagai petani, berpanas-panasan saat menanam padi di sawah.

“Karena melihat orang tua saya menggunakan cara manual itu melelahkan apalagi dibawah terik matahari, jadi kami menciptakan mesin penanam padi ini,”kata Fahmi salah seorang mahasiswa pencipta mesin penanam padi.

Bahkan agar nantinya pengguna mesin ini tidak terlalu lelah saat menanam padi, ia bersama temnnya memberikan tambahan control mesin dengan menggunakan teknologi pengendali jarak jauh atau remot kontrol.

Baca juga:

“Biar pengguna mesin ini lebih enak, kami masukkan juga micro controller di dalam mesin agar pengguna bisa mengendalikan mesin penanam padi ini dengan menggunakan remot,”ungkap Fahmi.

Mesin penanam padi ini digerakkan dengan menggunakan mesin bekas pemotong rumput yakni mesin 2 tak yang memiliki kecepatan 8000 rpm. Menurut dosen pembimbing, Dokter Aladin Eko Purkuncoro, ST. MT, dengan mesin ini padi yang ditanam nantinya akan presisi.

“Dengan mesin ini, padi yang ditanam akan memiliki jarak yang sama, kemudian untuk efektif waktu, dengan mesin ini akan sangat efektif dan efisien,”ungkap Aladin.

Untuk harga yang ditawarkan, tentunya sangat terjangkau bagi petani, hanya dengan 6 juta rupah, alat petani sudah bisa menggunakannya.

“Alat ini kita ciptakan dengan harga yang ekonomis, agar para pengguna mampu membeli, cukup 6 juta. Jadi sangat murah sekali,”ungkap Aladin.

Baca juga:

Aladin juga mengungkapkan jika mesin penanam padi hasil karya mahasiswanya ini cukup praktis dan bisa dibawa dengan sangat mudah tidak perlu menggunakan truk besar.

“Kalau yang diluaran sana ada yang masih manual, dan harganya cukup mahal, kalau yang ini bisa sangat mobile bisa dibawa kemana-mana.”tambah Aladin.

Alat penanam padi otomatis ini bisa digunakan untuk area sawah seluas 1 hektar.

“Mesin ini bisa untuk proses menanam padi seluas 1 hektar, dan durasi waktu menanamnya kurang lebih 1 jam selesai,”pungkas Aladin.

Kedepan, mesin penanam padi otomatis ini akan terus mengalami penyempurnaan, nantinya akan disempurnakan dengan menggunakan teknologi smartphone sebagai pengontrolnya.

Related Articles