Acara KreatifFesyen

Malang Flower Carnival Siap Diselenggarakan Kembali di Bulan Agustus 2020

Indiekraf com – Malang Flower Carnival (MFC) adalah kegiatan karnaval yang diselenggarakan setiap tahun di Kota Malang. Peserta berjalan dan berlenggang diruas jalan ijen yang berfungsi sebagai catwalk. Karakter busana peserta 75% harus berornamen bunga dan terbuat dari bahan daur ulang yang merupakan kontribusi dalam pelestarian lingkungan.

Selain untuk memberikan hiburan kepada Masyarakat Malang, acara ini juga bertujuan untuk mendukung karya Masyarakat khususnya pada sektor bidang kreatif.

Tahun lalu, event ini mampu menarik perhatian ribuan warga untuk ikut menikmati karya yang sudah dipersiapkan oleh para peserta Malang Flower Carnival.

Namun, berbeda dengan event tahun lalu, adanya pandemi COVID-19 yang meyerang Indonesia membuat event Malang Flower Carnival di tahun 2020 dilakukan secara online.

Salah satu kegiatan di MFC 2020 yakni Indonesian Carnival Virtual (ICV) yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 – 25 Agustus 2020 nanti.

View this post on Instagram

INI ADALAH PERSEMBAHAN TERBAIK MFC dan KITA SEMUA, UNTUK INDONESIA DI MASA PANDEMI INI. INDONESIAN CARNIVAL VIRTUAL Malang Flower Carnival 2020 17 – 21 Agustus 2020 Salam Carnival Indonesia, MFC melaksanakan kegiatan lomba kostum karnival & kostum Karakter dengan VIRTUAL / Online. Berikut konsep secara umum: 1. Peserta adalah perorangan dari seluruh Indonesia dan dari Luar Negeri bisa ikut dalam MFC Virtual 2020 ini. 2. Tema MFC Virtual 2020 adalah "GARUDHEYA NUSANTARA" Inspirasi tema adalah "Garuda Indonesia" yg didapat dari Archa Garudheya ada di Candi Kidal/ Candi Sukuh, Patung Garuda Wisnu Kencana, Lambang Negara Garuda Pancasila, Burung Garuda & yang berhubungan dengan Garuda termasuk budaya, cerita/ mitologi. HARUS DIINGAT karena MFC maka harus selalu menyertakan hiasan yang berbentuk "BUNGA" 3. Untuk MFC Virtual 2020 Peserta hanya mengirimkan video kostum yang diperagakan & dibuat dilokasi masing masing, Video perform berdurasi 60 detik-3 menit & disertai Foto closeup Make Up performer. 4. Setiap peserta boleh mengirim lebih dari satu karya, dengan video terpisah. 5. Pendaftaran GRATIS secara Online melalui google form www.malangflowercarnival.com Pendaftaran peserta lomba Mulai tgl 15 Mei – 30 Juli 2020. Pengiriman video karya tgl 1 – 7 Agustus 2020. 6. Kategori) Kategori A : Anak anak (kostum Carnival) Kategori B : Dewasa Umum (kostum Carnival) Kategori C : Kompetisi Kostum Karakter masing masing 6 pemenang berupa uang tunai, tropy & sertifikat. 7. Semua video peserta di unggah pada Akun Youtube dan medsos (IG dan Facebook) MFC pada VIRTUAL GRANDSHOW MFC 2020 mulai tanggal 17 – 21 Agustus 2020. Untuk mendapatkan penilaian dari para dewan Juri. 8. Penilaian dilakukan oleh Dewan JURI, berdasarkan video karya yang dikirim oleh peserta dengan narasi/keterangan tentang karya. 9. Kriteria : a) Kesesuaian tema, b) Originalitas karya, c) Performance & koreografi/cara menpresentasikan karya. d) Total Look & make up. 10. Pengumuman pemenang lomba tgl 25 Agustus 2020, Medsos Malang Flower Carnival. #malangflowercarnival #malangflowercarnival2020 #indonesiacarnivalvirtual #covid19 #wonderfulindonesia#mfc #malanghits #exploremalang #eventmalang

A post shared by MFC OFFICIAL (@malangflowercarnival) on

Indonesian Carnival Virtual merupakan parade dan kompetisi kostum karnaval dan kostum karakter tingkat nasional yang dilaksanakan pertama kali di Indonesia secara virtual atau online.

Para peserta ICV bisa diikuti oleh seluruh warga Indonesia dan juga peserta dari luar negeri.

Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “GARUDHEYA NUSWANTARA” dimana para peserta harus bisa membuat sebuah karya yang menggambarkan atau terinspirasi dari Garuda Indonesia.

Untuk bisa menjadi pemenang pada event ini, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan antara lain seperti keseuaian karya dengan tema, koreografi performing, estetika, hingga kualitas video dan jumlah “Like” dari penonton.

Oleh karena itu, segera siapkan karya terbaik kamu bagi yang ingin ikut berpartisipasi menjadi peserta pada event MFC 2020.

Pendaftaran event ini sudah dibuka sejak tanggal 15 Mei dan akan ditutup pada tanggal 30 Juli 2020.

 

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi
[1] Malang Flower Carnival

[2] Sumber gambar via Instagram MFC Official

Baca juga

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Close