Industri KreatifKabar KreatifSeni PertunjukanSeni Rupa

Membanggakan! Film Karya Anak Bangsa Ini Menang Lagi di Ajang Internasional

Indiekraf.com – Kabar baik datang dari dunia seni Indonesia. Kini Indonesia bisa berbangga hati karena telah meraih prestasi di dunia film. Prestasi ini pun pastinya tak mudah didapatkan, secara ini merupakan skala internasional. Di tengah pandemi, anak bangsa ternyata mampu memberikan kebanggaan pada negeri tercinta.

Sebelumnya, di pertengahan bulan Juli lalu, sutradara ternama Joko Anwar juga mendapatkan penghargaan dari karyanya. Film besutan nya yang berjudul “Perempuan Tanah Jahanam” di tahun 2019 lalu mendapatkan penghargaan sebagai film Asia terbaik pada Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2020. 

Tak berhenti di situ, film “Gundala” yang juga dibuat oleh Joko Anwar kini telah memiliki versi bahasa Prancis. Dalam ‘versi Prancis’ nya, film ini diberi judul “Red Storm”. Rencananya film ini akan diedarkan dalam bentuk Blu-ray dan DVD di bulan Agustus tahun ini.

Baca Juga Jumlah View Youtube Bisa Berkurang, Kenapa ya?

Seniman lain selain Joko Anwar juga ada lho yang menorehkan prestasi di ajang internasional di tengah pandemi ini. Dua sosok berbakat yaitu Dibal Ranuh dan Dian Bokir adalah orang tersebut! Kini keduanya sukses membuat prestasi di ajang kompetisi film yang bertemakan tari.

Kompetisi ini telah dibuka sejak Juni 2020 kemarin. Kompetisi ini diadakan oleh badan yang  bernama EurAsia Dance Project International Network (EDPIN). EDPIN adalah sebuah badan yang dipimpin oleh maestro tari internasional di Italia, Stefano Fardelli. Beberapa negara yang bermitra dengannya antara lain Asia, Eropa, Afrika, Timur Tengah dan negara – negara di Pasifik serta Amerika Tengah. Di Indonesia, EDPIN smenjalin kerjasama dengan Danc(E)motion Festibval yang diketuai oleh Chendra Panatan.

Kompetisi yang dibuat oleh EDPIN sendiri terfokus pada film yang bertema tari. Dikutip dari laman resminya, ajang ini diselenggarakan untuk mendukung pelajar EurAsia dan para dancer agar tetap bisa mengekspresikan diri meskipun sedang ditengah pandemi. Dari tiga finalis asal Indonesia, Dibal Ranuh dan Dian bokir terpilih masing – masing menjadi peringkat satu dan peringkat dua.

Dibal Ranuh membuat karya film berjudul “RUKAT” sedangkan Dian Bokir membuat film berjudul “LOOK FORWARD”. Kedua karya tersebut sudah pernah ditunjukkan di Danc(E)motion pada Juli 2020 lalu.

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close