Film Animasi dan Video

Mengulik Kiprah Film Nasional “Kado (A Gift)” tayang di Sundance Film Festival Amerika

Dunia perfilman Indonesia mendapat kehormatan dengan mengirimkan perwakilannya di salah satu festival film tingkat internasional di Amerika

Ada banyak hal menarik ketika membahas perfilman tanah air. Mulai dari aktor-aktornya, jalan ceritanya, hingga produksi filmnya yang hadir dan mendapatkan penghargaan dalam Festival Film dunia. Kali ini, Film karya anak bangsa, Aditya Ahmad selaku sutradara dalam film ‘Kado’ (a Gift) tampil dalam Sundance Film Festival 2019 di Utah, Amerika Serikat.

Sundance Film Festival yang dilaksanakan pada 24 Januari – 3 Februari 2019 merupakan salah satu ajang dari lima festival film bergengsi di dunia bersama dengan Cannes Film Festival, Toronto Film Festival, Internationale Filmfestspiele Berlin, dan Mostra Internazionale d’Arte Cinematografica di Venezuela.

Film berdurasi 15 menit ini bercerita tentang Isfi (Isfi Febiana) yang bersemangat menyambut ulang tahun Nita (Anita Aqshary). Isfi harus mengganti celana panjangnya dengan mengenakan rok panjang dan hijab untuk menyiapkan kado istimewa di kamar Nita.

Dilansir dari Bisnis.com, “Bekraf memberi full grant kepada Miles Films sebagai perwakilan Indonesia di Sundance Film Festival, Utah, Amerika Serikat. Festival ini tidak hanya menjadi ajang screening film Kado (A Gift) yang diproduksi Miles Films tapi juga penjajakan kepada Sundance Institute untuk bekerja sama dalam upaya meningkatkan skill pelaku industri film Indonesia,” ungkap Kepala Bekraf, Triawan Munaf saat press conference di CGV FX Sudirman, Senin (21/1/2019).

Sang Produser, Mira Lesmana mengatakan, kerjasama dengan Sundance Institue bisa dilakukan untuk program penulis skenario, memperbarui komunitas produsen dan memberdayakan pembuat film untuk menavigasi bisnis film independen.

Film ‘Kado’ sebelumnya dinobatkan sebagai  Film Pendek Terbaik pada 75th Venice International Festival Film (IFF) – Orizzonti. Aditya merupakan satu-satunya sineas Indonesia yang tampil dalam festival tersebut. Hal ini membuktikan bahwa kualitas Film karya anak bangsa mampu berprestasi di kancah Internasional.

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close