Industri KreatifKabar Kreatif

Meski Pandemi Ekspor UMKM RI Tetap Jalan, Apa Rahasianya?

Indiekraf.com – Semenjak Februari lalu, pandemi COVID 19 belum kunjung mengalami penurunan kurva. Justru di beberapa kota di Indonesia kurva positif semakin tinggi. Namun di tengah ‘musibah’ ini, UMKM RI justru tetap membuktikan prestasinya.

Kegiatan ekspor dari UMKM RI tetap berjalan meskipun sedang dilanda pandemi. Salah satu perusahaan yang ikut berperan dalam kesuksesan ini adalah Bank BRI. Perusahaan ini mampu membantu meningkatkan dan menaikkan kelas UMKM Indonesia. Belum lama ini perseroan bekerjasama untuk mengekspor beberapa jenis produk dari UMKM RI ke Australia bersama dengan Indonesia In Your Hand. Tak hanya ke Australia, kegiatan ekspor ini bahkan telah menjamah hingga ke Selandia Baru dan negara Pasifik Selatan.

Baca Juga Berita Gembira! BRI Ventures Buka Peluang Inves ke 400 Startup Lewat Ini

Indonesia In Your Hand sendiri merupakan suatu marketplace yang menjual khusus produk-produk Indonesia di luar negeri. Kantornya berada di Sydney, Australia dan Amsterdam. Bersama dengan House of Indonesia, setiap bulannya terdapat produk hasil dari Indonesia yang dikirimkan ke Australia dan Selandia Baru. Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari, menjelaskan bahwa produk UMKM yang diekspor adalah hasil kreasi dari para anggota binaan Rumah Kreatif BUMN (RUKB) BRI.

“Hingga saat ini BRI telah memiliki 55 RKB dengan anggota mencapai hampir 400 ribu pelaku UMKM dan telah mengadakan 3.994 pelatihan untuk mendorong UMKM Go Global. “ ucap Supari dalam keterangannya pada Senin (27/4). Ia juga mengatakan bahwa melalui pelatihan bersama BRIncubator, diharapkan produk-produk yang dihasilkan dapat menyesuaikan dengan standar Internasional. Pada bulan April lalu, mereka telah mengirimkan satu kontainer produk asal Indonesia.

Kontainer tersebut memang berisi produk yang secara rutin dibeli oleh pelanggan dan disertakan produk UMKM binaan dari RKB BRI. Beberapa produk tersebut di antaranya keripik buah, keripik kentang, gula aren, permen jahe, kopi hingga kerupuk Palembang. Hal ini dikatakan oleh CEO Indonesia In Your Hand, Amiranto Adi Wibowo. Di masa pandemi ini, minat masyarakat luar negeri terhadap produk-produk Indonesia tak bisa surut. Itulah alasan mengapa kegiatan ekspor produk UMKM RI bisa terus berjalan hingga ke mancanegara.

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close