Acara KreatifIndustri KreatifKabar KreatifMbois MediaPelaku Kreatif

Mobil KaCa UMM: HIburan Anak untuk Korban Gempa Malang

Indiekraf.com – Beberapa minggu lalu, Kabupaten Malang sempat diterpa musibah. Gempa bumi dengan kekuatan 6,7 SR ini mengguncang Malang hingga terasa ke beberapa daerah lainnya. Korban anak yang tertimpa bencana ini juga terhitung banyak. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan solusi terhadap hal ini dengan menghadirkan Mobil KaCa UMM. Seperti apa sih mobil ini?

Mobil KaCa UMM: HIburan Anak untuk Korban Gempa Malang
Sumber : Universitas Muhammadiyah Malang YouTube Channel

Mobil KaCa UMM: HIburan Anak untuk Korban Gempa Malang 

Adanya gempa bumi di Malang menyisakan pilu bagi banyak pihak. Tak sedikit masyarakat sekitar yang kehilangan harta benda hingga hal berharga lainnya. Banyak juga korban anak yang akhirnya mengalami kesedihan hingga trauma. Untuk membantu keadaan ini, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berupaya untuk mengulurkan bantuan.

UMM menghadirkan Mobil KaCa UMM sebagai upaya dalam membantu korban anak dari gempa bumi Malang. Mobil inovatif ini hadir di Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Apa Itu Mobil KaCa UMM?

Mobil KaCa UMM merupakan bentuk bantuan dari UMM dalam rangkaian program UMM Ramadan Berbagi. Mobil unik ini memiliki berbagai hiburan bagi korban anak pada bencana tersebut. Kesedihan anak-anak di lokasi bencana alam tersebut seakan sirna saat Mobil KaCa UMM datang ke lokasi. 

Beberapa pilihan hiburan bisa dinikmati di mobil ini. Ada berbagai macam buku bacaan hingga tayangan menarik untuk anak yang disajikan lewat layar TV dalam mobil. Anak-anak di sana juga diajak untuk mengikuti kisah Momo dan Jojo dan diajak bermain berbagai permainan. Hal ini nampaknya berhasil menyulap kesedihan korban menjadi tawa canda.

Harapan Untuk Meringankan Trauma pada Anak Korban Bencana Alam

Nurul Hamidah selaku salah satu tim dari Mobil KaCa UMM memberikan keterangannya kepada Urbanasia, DIkutip dari sumber tersebut, ia mengatakan “Tentu kami berharap hiburan yang kami sediakan bisa membuat anak-anak kembali ceria seperti biasanya,”. Ketua RT hingga orang tua korban pun menuturkan bahwa bencana ini membawa luka bagi para anak-anak. 

Beberapa korban anak-anak bahkan mengalami trauma seperti menangis hingga mudah panik. Sinta Oktavia sebagai salah satu orang tua korban mengaku senang dan merasa bahwa hiburan seperti Mobil KaCa UMM adalah hal yang penting. “Kegiatan-kegiatan seperti ini penting sekali bagi anak-anak. Terutama mereka yang berusia di bawah lima tahun. Berbagai hiburan yang ada juga bisa membantu melupakan memori-memori buruk yang dialami beberapa waktu lalu. Semoga mereka bisa kembali ceria,” ucapnya.

Baca Juga Dua Mahasiswa Universitas Brawijaya Ciptakan Desfola, Alat Pendeteksi Kebakaran Hutan Dan Tanah Longsor

Related Articles