Industri Kreatif

Mobil Listrik Makin Didukung, Indonesia Bangun Pabrik Baterai Listrik

Indiekraf.com – Keseriusan Indonesia dalam mendukung industri mobil listrik terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya proses pembangunan pabrik baterai listrik yang dilakukan oleh PT HKML Baterai Indonesia.

Mobil Listrik Makin Didukung, Indonesia Bangun Pabrik Baterai Listrik

Pembangan pabrik baterai listrik tersebut merupakan pabrik pertama di Aseia Tenggara (ASEAN). Pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat tersebut sudah dalam proses peletakan batu pertama yang dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Baterai Indonesia saya nyatakan dimulai,” ujar Jokowi (dikutip dari CNNIndonesia).

Jokowi mengatakan bahwa pembangunan pabrik listrik senilai lebih dari 15 triliun rupiah tersebut merupakan salah satu wujud keseriusan pemerintah dalam melakukan hiilirisasi industri serta pengembangan industri yang lebih maju kedepannya. Ia juga menyampaikan rasa bersyukur karena Indonesia kini telah bisa memulai membangun pabrik baterai listrik pertama di dalam negeri.

“Oleh karena itu, pengembangan industri baterai juga akan meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan investasi dari industri turunan yang digunakan baterai seperti investasi motor listrik, bus listrik, dan mobil listrik,” tambah Jokowi.

Dukungan juga datang langsung dari CEO LG Energy Solution, Jonghyun Kim, yang mengatakan bahwa Indonesia tinggal satu langkah lagi untuk menjadi pusat industri kendaraan listrik. “Ketika pabrik selesai, Indonesia akan selangkah lebih dekat untuk membangun rantai pasokan kendaraan listrik terintegrasi pertama di dunia sebagai pusat industri kendaraan listrik,” ujarnya.

Pemerintah Mendukung Penuh Adanya Pembangunan Pabrik Industri

Pihak LG Energy Solution meminta Presiden Joko Widodo untuk memberikan dukungan agar pabrik dan pengembangan industri tersebut bisa lancar. “Kami mohon kerja sama dan dukungan aktif Bapak Presiden Joko Widodo dalam perizinan dan dukungan insentif sehingga pembangunan pabrik dapat dilakukan dengan lancar,” tambah Kim.

Jokowi pun langsung menanggapi dengan memastikan bahwa pemerintah akan mendukung penuh. “Dan kemudahan berizin kepada pelaku usaha, investor untuk mengembangkan usahanya di Indonesia,” ujar Jokowi. Ia juga berharap dengan adanya kerja sama bisnis di bidang baterai listrik ini mampu membuat hubungan Indonesia-Korea Selatan semakin kuat kedepannya.

Baca Juga Honda Resmi Kenalkan Mobil Listrik Pertamanya, Prologue

Related Articles