Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifPelaku Kreatif

Ngulik Bamboomedia, Bisnis IT Asal Indoensia yang Go International

Indiekraf.com – Indonesia ternyata tak hanya memiliki potensi usaha kecil dan menengah (UKM) di bidang kuliner atau fesyen saja. Nyatanya, saat ini ada bisnis yang sudah bergerak di ranah pengembangan teknologi informasi. Tak hanya untuk perusahaan IT, bahkan bisnis ini menyediakan layanan seperti informasi pendidikan hingga pembuatan modul dan program konten yang berhasil dilirik oleh pasar global. 

PT Bambu Media Cipta Persada merupakan UKM yang bergerak di bidang bisnis piranti lunak kreatif. Putu Sudiarta adalah orang besar dibalik keberhasilan UKM ini. Putu mendirikan Bamboomedia yang berbasis di Pulau Bali dengan menghadirkan berbagai produk computer based training (CBT) dalam bentuk compact disc (CD) yang dimulai tahun 2003 silam.

Dikutip dari Republika, Putu menjelaskan bahwa Bamboomedia merupakan gabungan dari ide, teknologi dan seni. Beberapa hasil kreativitasnya akhirnya menghadirkan berbagai karya edukasi multimedia yang digemari oleh masyarakat. Nama Bamboomedia sendiri berasal dari unsur teknologi dan alam dari kata ‘Bamboo’ yang bermakna sederhana namun kuat. Putu juga berkata bahwa ada tiga nilai utama dari Bamboomedia. Nilai utama itu antara lain sederhana, fleksibel dan berkinerja tinggi.

Lokasi perkantoran dari Bamboomedia sendiri terletak di Kota Denpasar, Bali. Lingkungan Bali dirasa menjadi tempat yang cukup kondusif bagi berlangsungnya bisnis ini. Pekerja nya yang membutuhkan ketenangan, inspirasi hingga kedamaian rasanya sudah cukup lengkap disuguhkan oleh Pulau Dewata. Sumber daya manusia (SDM) yang terdapat di usaha ini pun merupakan anak – anak muda berbakat yang memang ingin berdedikasi untuk kemajuan informasi dan teknologi di Indonesia. 

Baca Juga 5 Toko Oleh – Oleh Khas di Kota Malang

 

Yang lebih hebatnya lagi, Bamboomedia sudah berhasil mencapai ranah pasar tak hanya lokal tapi juga internasional. Hal itu diungkapkan Putu bahwa pasar dan distribusi produk mereka telah merata ke seluruh Indonesia, Asia bahkan sudah terbang hingga ke Eropa dan Amerika. Mitra kerja dari Bamboomedia pun sudah sangat banyak. Kini mereka juga telah bekerjasama dengan Google lewat Playstore dan dengan Apple lewat Apple Store.

Selain prestasi dalam bidang persebaran produknya, ternyata Bamboomedia telah berhasil menyabet penghargaan ‘Brand Award’ dari Forbes tahun 2016 lalu. Putu mengatakan bahwa saat ini Indonesia membutuhkan banyak SDM muda yang mau memilih jalur berbeda dari biasanya, yaitu menjadi seorang  entrepreneur. “Semakin banyak anak muda Indo nesia yang belok kiri, minimal dua per sennya menjadi inovator usaha, maka isuisu pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri, atau isu serbuan tenaga kerja asing (TKA) Cina bukan lagi sebuah kekhawatiran.” ucap Putu.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button